Terungkap! Ternyata Ini Alasan KAI Impor Rangkaian Kereta dari China

Terungkap! Ternyata Ini Alasan KAI Impor Rangkaian Kereta dari China

Ekonomi | inews | Selasa, 6 Februari 2024 - 20:15
share

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter buka suara terkait polemik pemilihan kereta yang diimpor dari perusahaan China, CRRC Qingdao Sifang. Dikatakan bahwa keputusan ini diambil karena mempertimbangkan sejumlah faktor.

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengungkap faktor pertama lantaran harga yang ditawarkan China cukup kompetitif dibanding Jepang dan Korea Selatan. Kemudian, alasan selanjutnya karena spesifikasi yang ditawarkan cocok dengan kebutuhan Indonesia.

"Dari sisi harga (China) juga cukup kompetitif, manufaktur lain lebih tinggi. Kemudian terkait spesifikasi termasuk ruang bebas dan prasarana kebutuhan lain seperti AC dan hal-hal lainnya," ungkap Anne dalam konferensi pers, Selasa (6/2/2024).

Dijelaskan kereta yang ditawarkan Jepang lewat perusahaan J-TREC telah mengalami kenaikan harga karena adanya perubahan spesifikasi teknis. Sementara kereta asal Korea Selatan yang dirancang Woojin dan Dawon Sys spesifikasinya tidak sesuai.

"Pihak Jepang menyampaikan adanya perubahan pembiayaan dari proposal sebelumnya. Memang spesifikasi yang mendekati kebutuhan kita itu dari CRRC. Kalau Korea Selatan dia pakai aluminium, kita kan pakai stainless," tuturnya.

Untuk diketahui, KAI Commuter telah mengimpor tiga rangkaian kereta dari China melalui CRRC Qingdao Sifang dengan nilai investasi sebesar Rp783 miliar. Dikatakan rangkaian kereta tersebut akan tiba di Indonesia secara bertahap mulai 2025.

Topik Menarik