Simak Progres Lima Ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang Ditargetkan Tuntas di 2024

Simak Progres Lima Ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang Ditargetkan Tuntas di 2024

Ekonomi | IDX Channel | Selasa, 6 Februari 2024 - 13:36
share

IDXChannel - PT Hutama Karya (Persero) menargetkan pembangunan lima ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) rampung pada 2024. Kelima ruas itu masuk dalam JTTS tahap I.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyebut, JTTS tahap I meliputi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi I Padang Tidji-Seulimum sepanjang 25 km, Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi III Tanjung Pura-Pangkalan Brandan sepanjang 19 km.

Lalu, Tol Indrapura-Kisaran Seksi II Lima Puluh-Kisaran sepanjang 32km, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi III dan IV Tebing Tinggi-Pematang Siantar sepanjang 58 km.

Kemudian, Tol Padang-Pekanbaru Seksi I Padang-Sicincin sepanjang 37 km,dan Seksi V Bangkinang-Pangkalan Tahap I (Bangkinang-Koto Kampar) sepanjang 25 km.

Hingga 30 Januari 2024, progres konstruksi jalan tol Sigli-Banda Aceh Seksi I Padang Tidji-Seulimum mencapai 88,77 persen, dan progres pengadaan lahan sebesar 87,78 persen, ujar Tjahjo, Selasa (6/2/2024).

Sementara itu, Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi III Tanjung Pura-Pangkalan Brandan mencatatkan progres yang signifikan dengan persentase konstruksi 93,25 persen, dan progres pengadaan lahan 95,38 persen.

Untuk diketahui, jalan tol tersebut nantinya akan dilengkapi fasilitas rest area atau tempat istirahat bagi pengendara jalan tol. Tol ini juga memiliki jembatan ikonik yakni Jembatan Sei Wampu yang menghubungkan Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara dengan Provinsi Aceh.

Tol Binjai-Langsa Seksi III Tanjung Pura-Pangkalan Brandan merupakan bagian dari Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi Binjai-Pangkalan Brandan dengan total panjang 57 km. Adapun dua seksi ruas tol lainnya telah beroperasi.

Untuk diketahui Seksi I Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15 km telah beroperasi. Sementara dari sisi ruas konstruksi, Seksi II Lima Puluh-Kisaran memiliki progres sebesar 100 persen, dan telah dilakukan Provisional Hand Over (PHO).

Jalan tol ini diyakini akan mendukung konektivitas sentra-sentra produksi hingga akses ke berbagai destinasi wisata di Sumatera Utara, bebernya.

Sementara itu, untuk jalan tol yang dikelola oleh anak usaha Hutama Karya, yakni PT Hutama Marga Waskita (HMW) telah beroperasi. Jalan tol ini meliputi Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi I, sebagian Seksi II Tebing Tinggi-Kuala Tanjung, dan Junction Indrapura.

Hingga Januari 2024, progres konstruksi pada Seksi III Tebing Tinggi-Serbelawan mencapai 95,97 persen, dengan progres pengadaan lahan 100 persen.

Adapun Seksi IV Serbelawan-Pematang Siantar dengan progres pembangunan sebesar 75,28 persen, dengan progres pengadaan lahan sebesar 85,07 persen.

Lalu, progres konstruksi Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi I Padang-Sicincin sudah sebesar 51,93 persen, dengan pengadaan lahan yang hampir rampung mencapai 93,87 persen.

Jalan tol ini ditargetkan dapat fungsional pada Juli 2024, sehingga dapat mendukung kelancaran jalur logistik dan pariwisata di wilayah tersebut.

Di sisi lain, progres pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi V Bangkinang-Pangkalan Tahap I (Bangkinang-Koto Kampar) adalah 98,85 persen, dan pengadaan lahan sebesar 99,48 persen.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 1.030 km, termasuk dengan jalan tol dukungan konstruksi.

Untuk ruas tol Konstruksi 286,4 km dan 743,6 km ruas tol Operasi. Adapun ruas yang telah beroperasi secara penuh di antaranya yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (140 km), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (189 km).

Kemudian, Tol Palembang-Indralaya (22 km), Tol Medan-Binjai (17 km), Tol Pekanbaru-Dumai (132 km), Tol Sigli Banda Aceh Seksi 2-6 (49 km) serta Tol Binjai-Langsa Seksi Binjai-Tanjung Pura (38 km), Tol Bengkulu-Taba Penanjung (17 km), Tol Pekanbaru-Bangkinang (31 km), Tol Indralay-Prabumulih (64 km), Tol Indrapura-Lima Puluh (15,6 km), Tol Tebing Tinggi-Indrapura (28,5 km).

(YNA)

Topik Menarik