Trump Bakal Kenakan Tarif 60 Persen ke Produk China jika Kembali Jadi Presiden AS

Trump Bakal Kenakan Tarif 60 Persen ke Produk China jika Kembali Jadi Presiden AS

Ekonomi | IDX Channel | Selasa, 6 Februari 2024 - 12:01
share

IDXChannel - Eks Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana mengenakan tarif lebih dari 60% terhadap impor dari China jika dia kembali menguasai Gedung Putih. Negeri Paman Sam akan menggelar pemilihan umum (pemilu) pada November 2024.

Dilansir dari CNN pada Senin (5/2/2024), rencana tersebut dipastikan akan makin memperuncing rivalitas antara kedua negara adidaya jika terwujud.

Menurut saya mungkin akan lebih dari itu, kata Trump ketika ditanya apakah dia akan mempertimbangkan untuk mengenakan tarif sebesar 60% dalam sebuah wawancara.

Saat menjadi presiden, Trump mengenakan tarif sebesar 25% terhadap impor dari China. Langkah tersebut memulai perselisihan perdagangan antara Washington dan Beijing.

Pada 2020, Trump gagal memenangkan pemilihan presiden (pilpres). Namun, pemerintahan Joe Biden mempertahankan sebagian besar kebijakan tarif era Trump.

Dalam wawancara tersebut, Trump juga menuduh China ingin ikut campur dalam pilpres AS mendatang. Dia mengatakan Beijing lebih mendukung Biden.

Saya pikir mereka akan melakukannya, kata Trump.

Trump diperkirakan akan menghadapi Biden pada pilpres mendatang. Kedua tokoh hingga saat ini tidak terbendung di pemilihan internal Partai Republik dan Partai Demokrat. (WHY)

Topik Menarik