Pegadaian Gelar GadePreneur 2024, Wadah UMKM Indonesia Mengembangkan Potensi

Pegadaian Gelar GadePreneur 2024, Wadah UMKM Indonesia Mengembangkan Potensi

Ekonomi | surabaya.inews.id | Kamis, 25 Januari 2024 - 22:31
share

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Tahun 2023, Pegadaian meraih sukses melalui program pembinaan UMKM, kini mereka kembali menggelar GadePreneur 2024. Program ini tidak hanya menjadi pelatihan, tetapi juga wadah bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan pembekalan ilmu serta implementasi yang dapat diterapkan pada bisnis dan produk mereka.

Periode pendaftaran dibuka hingga 26 Januari 2024 secara gratis, program tersebut memberikan kesempatan luas bagi nasabah, agen, mitra bisnis, dan masyarakat umum yang ingin mengembangkan usaha serta meningkatkan kewirausahaan.

Damar Latri Setiawan, Direktur Utama PT Pegadaian, menegaskan bahwa GadePreneur adalah bukti nyata komitmen Pegadaian dalam mengembangkan UMKM di Indonesia.

Menurut Damar, program ini menyentuh berbagai aspek pengembangan usaha, mulai dari manajemen, produk, packaging, hingga branding. Pegadaian tidak hanya memberikan pembekalan teori, tetapi juga dukungan untuk strategi pemasaran. Bahkan, para peserta diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan expo dan bazaar, meningkatkan awareness masyarakat dan memperkuat daya saing UMKM.

UMKM juga bisa memanfaatkan berbagai layanan dan produk pembiayaan dari Pegadaian untuk mendapatkan tambahan modal, tambah Damar.

Ia menekankan bahwa GadePreneur tidak hanya menjadi pelatihan, tetapi juga jalan menuju peningkatan kelas dan daya saing tinggi bagi UMKM di Indonesia. Seluruh pendaftar akan dikurasi oleh Pegadaian.

UMKM yang berhasil lolos berhak mengikuti tahap pelatihan yang akan dilakukan secara intensif pada 12 Wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia, dan didampingi oleh mentor profesional yang merupakan expertise di bidang pengembangan dan pendampingan UMKM.

"Fungsi dari pegadaian ini membuat ekosistem, antara lain dari pelatihannya bahkan untuk pemasarannya dan bahkan untuk pembiayaannya kami bikin suatu ekosistem sehingga UMKM yang bergabung dengan GadePreneur ini bisa maju bersama," tambah Damar.

Selain mendapatkan pelatihan, peserta yang lolos akan difasilitasi untuk pembiayaan perizinan seperti NPWP Badan, Hak Atas Karya Intelektual (HAKI), Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) dan perizinan lain yang diperlukan oleh pelaku usaha pemula.

Setelah mengikuti kegiatan pelatihan dan pembinaan, para peserta akan mendapat kesempatan untuk mengembangkan jaringan bisnisnya melalui kegiatan expo UMKM di 12 lokasi di seluruh Indonesia, serta seluruh pendaftar akan bergabung dalam komunitas GadePreneur.

Bahkan di awal tahun, Pegadaian mengajak mitra binaan pilihan dari program GadePreneur untuk mengikuti pameran Travel Trade & Fair Vakantiebeurs 2024 di Jaarbeurs AL Utrecht, Netherlands yang digelar 10-14 Januari 2024 lalu.

Topik Menarik