Intip Rahasia Sukses Berbisnis dengan Supply Chain Management QLola by BRI

Intip Rahasia Sukses Berbisnis dengan Supply Chain Management QLola by BRI

Ekonomi | IDX Channel | Senin, 22 Januari 2024 - 08:01
share

IDXChannel - Distribusi merupakan menjadi hal yang sangat penting dalam dunia bisnis karena terhubung langsung dengan daya saing perusahan. Untuk para pengusaha yang baru memulai bisnisnya, tidak ada salahnya mempelajari serta memahami mengenai supply chain management.

Supply chain management bisa Anda temukan pada fitur QLola by BRI. Supply Chain Management di Qlola Cash Management adalah platform terpadu yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola invoicing dalam seluruh proses rantai pasok dengan efisien.

Mengintegrasikan informasi keuangan dengan operasional, SCM di Qlola Cash Management memfasilitasi pemantauan dan pengelolaan yang terpusat.

Peran Supply Chain Management dalam Qlola Cash Management

SCM memainkan peran kritis dalam meningkatkan visibilitas, efisiensi, dan kecepatan operasional rantai pasok, memberikan dampak positif pada pengelolaan kas perusahaan. Dengan metode pembayaran :

1. SCF Account Payable
Metode diskonto pembayaran atas prestasi penyelesaian pekerjaan yang bersumber dari fasilitas Anchor (Buyer) berdasar pada tagihan Invoice.

2. SCF Account Receivable
Metode diskonto Invoice yang bersumber dari fasilitas Anchor (Seller) atas prestasi penyelesaian pekerjaan atau penjualan barang/produk.

3. Vendor Financing
Metode diskonto pembayaran atas prestasi penyelesaian pekerjaan yang bersumber dari fasilitas modal kerja vendor/supplier berdasar pada tagihan invoice yang telah diakseptasi.

4. Distributor Financing
Metode penagihan invoice yang dijamin oleh fasilitas modal kerja distributor/pelanggan dan dedicated untuk pembayaran produk/barang dari Anchor (Seller).

5. Combine Financing
Metode diskonto invoice atas prestasi penyelesaian pekerjaan atau penjualan barang/produk yang waktu pengajuannya dapat dilakukan secara fleksibel sebelum invoice jatuh tempo.

Fitur Utama Supply Chain Management pada Qlola Cash Management

Adapun fitur utama dari Supply Chain Management QLola Cash Management, yakni:

1. Real-Time Inventory Tracking
Memungkinkan pemantauan invoice secara langsung. Dengan manfaat menjamin pemantauan invoice yang optimal dan mengurangi risiko kekurangan atau kesalahan data invoice.

2. Supplier Collaboration Platform
Platform kolaborasi untuk berinteraksi dengan pemasok, berbagi informasi secara real-time, dan mengelola pesanan bersama. Dengan manfaat meningkatkan koordinasi dan efisiensi dalam hubungan dengan pemasok.

3. End-to-End Traceability
Pelacakan transaksi hingga konsumen akhir untuk memastikan transparansi dan keandalan. Dengan manfaat memperkuat integritas produk dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

4. Invoice and Payment Integration
Deskripsi: Integrasi data faktur dan pembayaran ke dalam sistem keuangan perusahaan.
Manfaat: Mempercepat proses pembayaran, mengurangi risiko keterlambatan pembayaran, dan meningkatkan pengelolaan kas.

Manfaat Supply Chain Management pada Qlola Cash Management

Selain itu, Anda juga dapat merasakan manfaat Supply Chain Management pada QLola Cash Management, sebagai berikut:

1. Optimisasi Proses Supply Chain
Meningkatkan efisiensi operasional melalui pemantauan dan analisis yang terus-menerus. Dengan manfaat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan kecepatan layanan

2. Penurunan Biaya Operasional
Mengoptimalkan rantai pasok secara holistik untuk mengurangi biaya produksi dan distribusi. Dengan manfaat meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan alokasi sumber daya.

Implementasi dan Integrasi Supply Chain Management

Berikut ini adalah implementasi dan integrasi Supply Chain Management pada QLola Cash Management:

1. Onboarding dan Integrasi
Proses onboarding yang cepat dan integrasi yang mudah dengan sistem yang sudah ada. Dengan manfaat mempercepat adopsi dan mengurangi waktu penyelesaian.

2. API Integrations
Kompatibilitas dengan berbagai sistem manajemen keuangan dan operasional. Dengan manfaat memastikan integrasi yang mulus dan pertukaran data yang efisien.

Dengan SCM di Qlola Cash Management salah satu fitur dari QLola by BRI, perusahaan dapat mengoptimalkan rantai pasok secara holistik, meningkatkan efisiensi, dan mengoptimalkan pengelolaan kas dengan melibatkan dan mengkoordinasikan seluruh pemangku kepentingan dalam proses bisnis. (SNP)

Topik Menarik