Cara Menghitung Laba Bersih setelah Pajak, Jangan Sampai Salah

Cara Menghitung Laba Bersih setelah Pajak, Jangan Sampai Salah

Ekonomi | IDX Channel | Kamis, 9 November 2023 - 10:26
share

IDXChannel Cara menghitung laba bersih setelah pajak bisa dilakukan dnegan mudah dan cepat. Keuntungan atau laba selalu menjadi penggerak ketika seseorang memulai suatu usaha.

Berdasarkan sumber penghitungannya, keuntungan usaha dibedakan menjadi beberapa kategori seperti laba bersih, laba kotor dan ada juga yang disebut laba bersih setelah pajak.

Laba bersih setelah pajak adalah penghasilan bersih yang diperoleh suatu perusahaan dari laba bersih operasi (net operating income / usaha pokok) atau laba non-operasional (tidak termasuk kegiatan utama) perusahaan selama jangka waktu setelah dikurangi Pajak Penghasilan. Dengan kata lain, dapat diartikan sebagai selisih antara penghasilan dan pajak penghasilan.

Cara Menghitung Laba Bersih Setelah Pajak

Berdasarkan laman indeed.com, berikut cara menghitung laba bersih setelah pajak lengkap:

1. Kumpulkan Informasi
Pengusaha baiknya mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk menghitung laba bersih setelah pajak dari laporan keuangan perusahaan. Ini termasuk pajak bisnis dan laba kotor serta biaya operasional selama periode tersebut. Sebagian besar informasi harus tersedia dalam catatan bisnis usaha.

2. Tenentukan Pendapatan Operasional
Laba bersih setelah pajak memerlukan pengetahuan tentang pendapatan operasional. Ini melibatkan laba kotor dan biaya operasional. Rumus penghitungan laba operasional adalah:

Pendapatan operasional = laba kotor - biaya operasional

3. Konversikan Tarif Pajak
Penting untuk mengubah tarif pajak ke dalam format yang dapat digunakan untuk penghitungan. Konversikan persen ke koma desimal dengan membaginya dengan 100. Setelah Anda mendapatkan angka desimalnya, kurangi dengan satu. Misalnya, jika tarif pajaknya 20%, maka menjadi 0,20, lalu dikurangi satu sehingga mendapat 0,80.

4. Menghitung Laba Bersih Setelah Pajak
Menghitung laba bersih setelah pajak melibatkan penggunaan pendapatan operasional dan persamaan tarif pajak yang dihasilkan untuk seorang pengusaha. Kalikan keduanya dan hasilnya adalah laba bersih setelah pajak.

Contoh Hitungan Laba Bersih Setelah Pajak

Berikut ini adalah contoh hitungan laba bersih setelah pajak yang bisa Anda analisa:

(SNP)

Topik Menarik