Percepat Penurunan Stunting, Fatmawati Rusdi Konsisten Lakukan Grebek Stunting

Percepat Penurunan Stunting, Fatmawati Rusdi Konsisten Lakukan Grebek Stunting

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 10 Juni 2023 - 20:31
share

MAKASSAR, BUKAMATA - Upaya percepatan penurunan angka stunting di Kota Makassar terus dilakukan. Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, secara konsisten melakukan Grebek Stunting.

Kali ini, Grebek Stunting dilakukan di Puskesmas Tamalate, Sabtu, 10 Juni 2023. Dalam Grebek Stunting tersebut, Fatwawati Rusdi mengharapkan perhatian ibu-ibu di Kecamatan Tamalate khususnya untuk wilayah kerja Puskesmas Tamalate, terkait penurunan angka stunting.

"Stunting ini bukan hanya menjadi tugas perhatian dari pemerintah saja, tetapi menjadi tugas kita bersama. Kenapa stunting dapat terjadi, perlu diketahui stunting terjadi dikarenakan proses rentetan yang panjang, sehingga perlu pemahaman dan pencegahan sejak remaja, memasuki masa pernikahan, saat hamil, melahirkan, hingga di 1.000 hari pertama kelahiran," ujarnya.

Untuk itu dilakukan pendampingan - pendampingan dengan berbagai kegiatan KIE, memberikan vitamin penambah darah bagi ibu hamil, layanan Posyandu, ketersediaan kader kesehatan yang melakukan pemantauan, dan pelaksanaan kelas bagi ibu hamil.

"Pola hidup bersih harus diterapkan, memberikan gizi berimbang, dan yang terpenting adalah memberikan perhatian khusus kepada anak-anak," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tamalate, dr Rudy Lautan, menyampaikan bahwa telah dilakukan pula beberapa inovasi di Puskesmas Tamalate. Diantaranya inovasi Jempol Bumil atau Jemput Bola Ibu Hamil, dilakukan penjemputan kepada ibu hamil untuk dilakukan pemeriksaan.

Selain itu, ada pula inovasi selamatkan ibu hamil dengan keluarga berencana jangka panjang, yang bertujuan untuk menjarangkan kehamilan agar para orang tua dapat lebih fokus dalam membesarkan anaknya.

Untuk wilayah kerja Puskesmas Tamalate meliputi tiga kelurahan yakni Kelurahan Bonto Duri, Kelurahan Balang Baru, dan Kelurahan Paratambung, dengan luas wilayah sekitar 9,35 KM.

Grebek Stunting ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin, serta Ketua dan Kader TP PKK Kecamatan Tamalate. (*)

Topik Menarik