Pertamina Berhasil Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, MPR Apresiasi

Pertamina Berhasil Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, MPR Apresiasi

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 9 Juni 2023 - 19:43
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan memberikan apresiasi atas kinerja PT. Pertamina (Persero) yang berhasil mencetak laba jumbo pada 2022.

Diketahui, Pertamina mencatatkan laba bersih sebesar 3,81 miliar dollar AS atau sekitar Rp 56,6 triliun pada 2022. Kinerja itu naik 86 persen dibanding 2021 yang sebesar 2,05 miliar dolar AS atau Rp 29,3 triliun.

Laba bersih yang diraup Pertamina pada tahun 2022 merupakan yang terbesar sepanjang sejarah Pertamina.

"Kita patut berbangga atas prestasi Pertamina yang berhasil membukukan laba jumbo," kata Syarief dalam keterangannya, Jumat (9/6/2023).

Capaian tersebut, menurut Syarief, menjadi pertanda bagi Pertamina khususnya, dan BUMN pada umumnya bahwa perusahaan negara mampu berkompetisi dalam iklim industri yang kian kompetitif.

"Posisi Pertamina sebagai entitas bisnis dan pelayanan publik mampu berjalan seiring, tentunya dengan tetap menjaga ketahanan energi nasional. Pertamina harus mampu mewujudkan sumber daya energi yang berkeadilan bagi rakyat," ujarnya.

"Prestasi ini semakin membanggakan karena bukan sekadar karena berkah harga minyak, namun efisiensi pengeluaran yang mampu dipangkas dengan optimal," sambung politisi senior Partai Demokrat itu.

Syarief menambahkan, keberhasilan Pertamina ini perlu dijadikan momentum mengejar kemandirian energi. Pertamina beserta sub-holdingnya perlu terus melakukan akselerasi dan optimalisasi dalam meningkatkan skala produksi.

Kian tingginya konsumsi domestik perlu diikuti oleh kemampuan pasok. Ini tentu mensyaratkan dukungan permodalan dan teknologi dalam mengoptimalisasi sumber migas lama, dan melakukan pencarian sumber-sumber migas yang baru. Apalagi migas punya nilai strategis, yang bahkan merupakan instrumen ketahanan nasional," tuturnya.

Menteri Koperasi dan UKM era Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu secara khusus menekankan perlunya terobosan dan konsolidasi korporasi secara berkelanjutan.

"Ini tentu saja meniscayakan peningkatan kinerja keuangan, perluasan cakupan bisnis, peningkatan nilai perusahaan, serta kemitraan strategis domestik dan global," ucap Syarief.

"Sebagai satu-satunya perusahaan domestik yang mampu menembus Fortune 500, kita tentu berharap banyak pada Pertamina. Apalagi sumbangsihnya bagi penerimaan negara sangat signifikan, menembus Rp 307,2 T sepanjang 2022," terangnya.

Lebih lanjut, Syarief menekankan perlunya dukungan dan sinergi segenap pemangku kebijakan, masyarakat, dan dunia usaha sehingga Pertamina semakin kokoh menjadi perusahaan berskala global.

"Saya ucapkan selamat kepada segenap insan Pertamina. Kinerja positif ini perlu terus dilanjutkan dan ditingkatkan. Apa yang telah dicapai hari ini akan berlipat ganda di kemudian hari," ucap dia.

"Perlunya dukungan dan sinergi segenap pemangku kebijakan, masyarakat, dan dunia usaha sehingga Pertamina semakin kokoh menjadi perusahaan berskala global, serta menjadi salah satu andalan pendapatan negara dan pemberdayaan masyarakat," tutup Syarief.

Topik Menarik