Datangkan Karim Benzema dengan Gaji Rp3,1 Triliun, Ini Dia Pemilik Al Ittihad

Datangkan Karim Benzema dengan Gaji Rp3,1 Triliun, Ini Dia Pemilik Al Ittihad

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 11:23
share

JAKARTA Mantan penyerang Real Madrid, Karim Benzema telah resmi gabung Al Ittihad FC di Liga Arab Saudi dengan kontrak tiga musim dan gaji Rp 3,1 triliun per tahun.

Dikutip dari berbagai sumber Okezone, Rabu (7/6/2023) Al Ittihad ini didirikan setelah pertemuan beberapa penggemar sepak bola terkemuka di kota Jeddah, pada 26 Desember 1927.

Mereka bertemu di kantor perusahaan penyiaran radio dan membahas gagasan pembentukan klub sepak bola untuk bersaing dengan berbagai tim keliling dan menjadi sumber hiburan bagi penduduk dan pelampiasan pemuda kota untuk berlatih olahraga terorganisir.

Semua orang setuju bahwa mereka harus membuat tim yang menyatukan mereka dan lahirlah Ittihad Jeddah.

Klub ini bermarkas di Jeddah King Abdullah Sports City, stadion terbesar kedua di Arab Saudi. Kapasitas stadion ini mencapai 62.345 penonton.

Lantas siapa pemilik dari Al Ittihad FC?

Saham mayoritas pemilik Al Ittihad FC yakni Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi yang dipimpin putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed Bin Salman.

Mohammed Bin Salman, memiliki kekayaan sebesar 320 miliar pound atau setara Rp6.176 triliun (kurs Rp19.300 per pound). Hartanya jauh di atas kekayaan pemilik Manchester City Sheikh Mansour.

MBS juga melampaui kekayaan pemilik klub asal Perancis Paris Saint-Germain Qatar Investment Authority. Yang mana kekayaan pemilik PSG tersebut senilai 220 miliar pound (Rp4.246 triliun).

Mohammed Bin Salman merupakan putra dari raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz. Pria kelahiran 31 Agustus 1985 tersebut menjadi Putra Mahkota Arab Saudi sejak 21 Juni 2017 miliki kekayaan 23 miliar pound setara Rp443,9 triliun.

Topik Menarik