Rencana Gila Arab Saudi Kembangkan Sepakbola: Datangkan Pemain Bintang Dunia Termasuk Cristiano Ronaldo, Karim Benzema hingga Lionel Messi!

Rencana Gila Arab Saudi Kembangkan Sepakbola: Datangkan Pemain Bintang Dunia Termasuk Cristiano Ronaldo, Karim Benzema hingga Lionel Messi!

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 11:08
share

RENCANA gila Arab Saudi untuk kembangkan sepakbolanya akan diulas dalam artikel ini. Sejauh ini sudah ada dua pemain bintang dunia yang berlabuh ke tanah Arab.

Kedua pemain itu adalah Cristiano Ronaldo dan paling anyar Karim Benzema. Di balik datangnya dua pemain bintang dunia itu tersimpan rencana gila-gilaan Arab Saudi untuk mengembangkan sepakbola mereka.

Karim Benzema

Dilansir dari New York Times, Arab Saudi memang tengah gencar melakukan investasi jangka panjang di sektor olahraga, salah satunya sepakbola. Bahkan, pemerintah Arab Saudi melalui Public Investment Fund (PIF) rela jor-joran demi mewujudkan misi tersebut.

Sejauh ini langkah Arab Saudi untuk berinvestasi di sepakbola mulai terlihat. Kehadiran Cristiano Ronaldo di Al Nassr pada awal tahun 2023 memicu investasi sepakbola di Arab Saudi mencuat.

Sejak hadirnya Ronaldo, Liga Arab Saudi memang sudah berkoordinasi dengan klub-klub untuk merekrut pemain bintang dengan biaya besar, tulis laporan New York Times dikutip Rabu (7/6/2023).

Langkah besar tersebut, tak berhenti sampai di situ saja. Masih ada nama seperti NGolo Kante, Angel Di Maria, hingga Lionel Messi, yang tengah diupayakan bermain di Liga Arab Saudi.

Ide gila tersebut tak serta merta timbul ke permukaan begitu saja. Bos Liga Arab Saudi, Garry Cook diketahui sebagai pelopor utama proyek jangka panjang tersebut.

Menurutnya, dengan mendatangkan pemain bertabur bintang, Liga Arab Saudi akan mendapat nilai lebih. Selain itu, nilai komersialisasi Liga Arab Saudi bisa meningkat di kemudian hari.

Tujuan proyek ini bukan hanya bisa meningkatkan popularitas Liga Arab Saudi di mata dunia saja. Sepakbola Arab Saudi bisa mendapat citra baik dengan tujuan utama tuan rumah Piala Dunia 2030, tulis media Amerika Serikat, New York Post.

Cristiano Ronaldo

Selain mendaratkan Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema, yang bermain di Liga Arab Saudi, mereka juga menggelontrokan dana ke tim-tim lokal, maupun luar negaranya. Sejauh ini, PIF sudah menggelontorkan dana ke empat raksasa Liga Arab Saudi.

Di antaranta, Al Nassr, Al Ittihad, Al Hilal dan Al Ahli. Sementara itu tim di luar Arab Saudi, ada klub Inggris, Newcastle United yang mendapat suntikan dana segar untuk investasi jangka panjang.

Suntikan investasi ke Newcastle United terbukti cukup menjanjikan. Kurang dari dua tahun, tim berjuluk The Magpies itu sudah berhasil bersaing di Liga Inggris 2022-2023. Bahkan, Newcastle United dipastikan mentas di Liga Champions musim depan.

Topik Menarik