Cara Unik Menkeu Sri Mulyani Hilangkan Stres dan Depresi, Oh Ternyata

Cara Unik Menkeu Sri Mulyani Hilangkan Stres dan Depresi, Oh Ternyata

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 13:34
share

FAJAR.CO.ID, JAKARTA Mengemban jabatan strategis sebagai menteri keuangan tentu bukan pekerjaan mudah. Perannya begitu vital dalam mengurus keuangan dan kekayaan negara untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan.

Menjadi bendahara negara membuat Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawatitentunya kadang menghadapi stres.

Namun, Sri Mulyani ternyata punya cara tersendiri untuk menghilangkan rasa penat itu. Tidak bisa dipungkiri, setiap orang dapat meradakan stres dengan caranya sendiri.

Banyak hal yang menyebabkan stres. Mulai dari pekerjaan, pendidikan, masalah ekonomi dan masih banyak lagi.

Sri Mulyani atau akrab disapa Ani pernah menyebutkan jika situasi pandemi merupakan hal yang berat untuk dihadapinya selama mengemban jabatan publik. Dia mengalami tekanan, stres hingga depresi dalam periode tersebut.

Lalu bagaimana orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menghilangkan stres dan depresi?

Bermain Musik dan Bernyanyi

Ani sering menghabiskan waktunya dengan bermain musik. Dilansir dari halodoc mendengarkan musik favorit bisa mengembalikan dan membangun mood. Terutama dilakukan di pagi hari akan menjaga mood sepanjang hari.

Selain mendengarkan musik, Ani juga punya hobi bernyanyi. Ani pernah menyebutkan jika dia sering bernyanyi dengan menteri-menteri lainnya. Bahkan, Jokowi sempat iri karena tidak diajak bernyanyi.

Bernyanyi di kamar mandi juga sering dilakukan Ani untuk melepaskan segala kepenatan mengurusi keuangan negara.

Melukis, Membaca dan Menonton Film

Sebuah penelitian dipublikasikan olehJournal of The American Art Therapy Associationmenyebutkan melakukanaktivitas kreatif selama 45 menit busa menjadi terapi stres.

Hal inilah yang juga dilakukan oleh Ani. Dia kerap kali menghabiskan waktu untuk melukis, membaca hingga menonton film.

Jalan Santai

Cara menghilangkan stres berikutnya ala menteri keuangan kelahiran Bandar Lampung 26 Agustus 1962 ini adalah jalan santai.

Ani sering melakukan jalan santai bersama anak dan cucunya sembari menemani mereka belajar.

Hal itu membuatnya akan merasa bahagia karena tawa dan canda cucunya. Dengan ini dia bisa mengatasi stres dan depresi. (Elva/Fajar)

Topik Menarik