Erick Jadi Tuan Rumah Piala Asia U23 Solo Harus Jaga Kepercayaan Internasional

Erick Jadi Tuan Rumah Piala Asia U23 Solo Harus Jaga Kepercayaan Internasional

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 13:28
share

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menegaskan,penunjukan Solo sebagai tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U23 pada September 2024, harus mampu menjaga kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia.

Saat inspeksi pada Maret lalu, Organisasi Sepakbola Dunia (FIFA) menilai, Stadion Manahanlayak mementaskan laga internasional.

Suporter setia Persis, yang juga pendukung militan Timnas, harus dimaksimalkan. Agar Kualifikasi Piala Asia U23 tahin 2024 berjalan sukses.

Bicara stadion, menurut saya, Manahan sudah sangat siap dan terawat. Fasilitas media juga sudah siap. Sudah disetujui AFC, dan telah lulus saat diinspeksi FIFA. Begitu pula suporter Persis, banyak dan siap mendukung timnas, kata Erick saat meninjau Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah,Minggu (4/6).

Jadi, tolong jaga kepercayaan AFC kepada kita. Supaya tidak ada lagi persepsi negatif terhadap sepak bola Indonesia, imbuhnya.

Karena itu, Erick berharap perhelatan Kualifikasi Grup K yang berisikan Indonesia, Turkmenistan, dan China Taipei tak cuma menghasilkan prestasi bagi timnas, dengan lolos ke putaran finalPialaAsiaU23 2024 di Qatar.

Lebih dari itu, event tersebut arus berdampak positif bagi pertumbuhan sektor ekonomi, UMKM, merchandise , kesiapan fasilitas, serta budaya menonton yang tertib, nyaman, dan aman.

Stadion Manahan adalah salah satu dari 22 gelanggang, yang direnovasi pemerintah. Agar sesuai standar FIFA. Sesuai arahan Presiden Jokowi, dan juga blue print PSSI untuk menyiapkan stadion berkualitas. Demi kepentingan laga internasional, nasional dan liga 1 serta liga 2.

Semakin banyak stadion yang memiliki kualifikasi FIFA, kita akan semakin mudah menggelarajang nasional dan internasional. Dampaknya, sektor ekonomi akan tumbuh, UMKM terlibat, serta memunculkan budaya menonton yang tertib, aman, dan nyaman, jelas Erick.

Babak kualifikasi Piala Dunia U23 yang akan berlangsung pada 4-12 September 2023, diikuti 45 kesebelasan dan dibagi ke dalam sebelas grup.

Sebelas juara grup dan empat runner - up terbaik akan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 AFC 2024 yang akan digelar di Qatar pada15 April hingga 3 Mei 2024.

Tuan rumah lolos otomatis menggenapi jumlah peserta, menjadi 16 tim di putaran final nanti.

Piala Asia U-23 AFC 2024 juga menjadi babak kualifikasi untuk Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Jika di Piala Asia U-23 sebelumnya, kita tidak lolos, maka cukup realistis jika kali ini targetnya meraih tiket ke putaran final. Status tuan rumah harus benar-benar kita manfaatkan. Saya berharap, penggemar dan suporter timnas akan membanjiri stadion dan memberikan dukungan maksimal saat timnas main di kandang, pungkasnya.

Topik Menarik