Siapakah Tokoh Muhammadiyah yang Ikut Merumuskan Pancasila?

Siapakah Tokoh Muhammadiyah yang Ikut Merumuskan Pancasila?

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 08:42
share

JAKARTA- Siapakah tokoh Muhammadiyah yang ikut merumuskan Pancasila ? Kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peran tokoh penting organisasi Islam di Indonesia.

Muhammadiyah menjadi salah satu organisasi islam yang turut menyumbangkan ide-ide keislaman dalam perumusan dasar negara. Semua mengakui peran besar Muhammadiyah dalam sejarah kemerdekaan Indonesia ini.

Terdapat sejumlah tokoh penting Muhammadiyah yang ikut turun tangan merami sila-sila dalam pancasila.

Lantas siapakah tokoh Muhammadiyah yang ikut merumuskan pancasila sebagai dasar negara bernama Ki Bagus Hadikusuma selaku Ketua Umum PB Muhammadiyah dan kadernya yakni Kasman Singodimedjo.

Selain itu terdapat pula sejumlah tokoh lainnya seperti Abdul Kahar Muzakkir dan Sukiman Wiryosanjoyo.

Selama menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) Ki Bagus Hadikusuma terlibat dalam dua hal dalam merumuskan dasar negara pancasila.

Ki Bagus Hadikusuma menggagas tentang wacana negara berdasarkan ajaran Islam bersama perwakilan lainnya. Dirinya juga memperjuangkan konsep tersebut sebagai upaya menciptakan politik islam di Indonesia.

Gagasan tersebut sayangnya gagal terealisasi mengingat Indonesia penuh keberagaman. Meski demikian Ki Bagus Hadikusuma dan perwakilan organisasi Islam memakluminya. Gagasan tersebut kini menjadi nilai etika publik Islam yang toleran, moderat dan inklusif.

Ki Bagus Hadikusuma juga memiliki peran menentukan narasi sila pertama pancasila sebagai dasar negara.

Perumusan pancasila sempat mengalami kebuntuan dialog antara perwakilan organisasi Islam dengan Nasionalis pada sidang akhir PPKI. Kebuntuan berhasil terpecahkan berkat Kasman Singodimedjo.

Kader PB Muhammadiyah itu meyakinkan Ki Bagus Hadikusuma untuk menghapus tujuh kata dalam dalam piagam Jakarta yang berkaitan dengan keislaman secara eksplisit.

Kasman Singodimedjo berhasil membangun kesepakatan merangkum visi negara menetapkan bahwa Indonesia bukan negara agama dan bukan pula negara sekuler sehingga tidak memisahkan agama dan politik kenegaraan.

Kesepakatan Kasman Singodimedjo dikenal dengan sebutan gentlemens agreement dari pendiri bangsa dan kelompok muslim.

Demikian informasi mengenai siapakah tokoh Muhammadiyah yang ikut merumuskan Pancasila.

(RIN)

Topik Menarik