Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Monas

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Monas

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 08:17
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi pemimpin upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, hari ini Kamis (1/6/2023). Jokowi yang bertindak sebagai inspektur upacara itu tampak mengenakan pakaian adat.

Selain Jokowi, para tamu undangan yang hadir juga mengenakan berbagai macam pakaian adat.

Bertindak selaku Komandan Upacara yakni Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Alfian Nurrizal dan selaku Perwira Upacara yakni Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta, Brigjen TNI Arkamelvi Karmani.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Wakil Presiden Ma\'ruf Amin, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Lalu, Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, dan para menteri kabinet serta kepala lembaga lainnya. Mereka semuanya turut mengenakan pakaian adat.

Diketahui tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Tema tersebut mengandung arti bahwa momentum peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi pemantik bagi bangsa Indonesia untuk bahu-membahu mewujudkan peradaban masyarakat Indonesia yang lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan dunia.

Adapun upacara peringatan Pancasila tanggal 1 Juni melibatkan lebih dari 4.000 orang yang terdiri dari pasukan upacara, tamu undangan, peserta upacara, petugas, dan panitia upacara.

Topik Menarik