Wujudkan Cita-cita Pendiri Indonesia, Dua Srikandi Jokowi Kirim Jutaan Vaksin Pentavalen ke Nigeria!

Wujudkan Cita-cita Pendiri Indonesia, Dua Srikandi Jokowi Kirim Jutaan Vaksin Pentavalen ke Nigeria!

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 06:43
share

Pemerintah Indonesia melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengirimkan dukungan vaksinasi untuk penduduk Nigeria.

Sri Mulyani mengatakan, dukungan vaksinasi tersebut yakni berupa 1,5 juta dosis vaksin pentavalen senilai Rp 30,3 miliar yang akan dikirimkan dalam dua tahap.

"Turut serta menjaga perdamaian dan ketertiban dunia adalah salah satu cita-cita Indonesia Untuk mewujudkannya, hari ini LDKPI berkolaborasi dengan Bio Farma mengirimkan dukungan vaksinasi untuk penduduk Nigeria sebanyak 1,5 juta dosis vaksin pentavalen senilai Rp 30,3 miliar dalam dua tahap," jelasnya, dikutip Senin (29/5/2023).

Pada pengiriman tahap pertama, Sri Mulyani bersama Retno Marsudi mengantarkan pelepasan 730.000 dosis vaksin yang siap diterbangkan ke Nigeria, pada Minggu (28/5/2023) kemarin.

"Pelepasan ini diterima secara simbolis oleh Duta Besar Nigeria untuk Indonesia, H.E. Usman Ari Ogah," kata Sri Mulyani.

Bendahara Negara itu menjelaskan, dukungan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Indonesia dalam menjalankan peran aktif untuk mewujudkan kesehatan global yang merata dan dapat diakses semua pihak.

"Terlebih, Nigeria merupakan mitra dagang Indonesia yang terbesar kedua di benua Afrika," imbuhnya.

Sri Mulyani menuturkan, sebagai negara dengan penduduk terbanyak sekaligus terpadat di benua Afrika, Nigeria sedang mengalami kesulitan akses dalam mendapatkan vaksin.

"Untuk itu, meski kita juga sedang di dalam masa pemulihan pasca pandemi, kita harus turun tangan membantu," ujarnya.

Dia menjelaskan, vaksin pentavalen yang dikirimkan merupakan vaksin kombinasi DTP-HB-Hib, yang mana dalam 1 suntikan dapat membantu pencegahan 5 macam penyakit sekaligus, di antaranya difteri, tetanus, pertussis, hepatitis B, dan Haemophilus influenzae tipe B (Hib).

"Semoga pengiriman bantuan vaksin ini dapat mempererat hubungan dan kerja sama bilateral Indonesia-Nigeria. Ini juga merupakan manifestasi semangat yang kita usung pada Presidensi G20 lalu. Recover together, recover stronger, " tutupnya.

Topik Menarik