Remaja Disetubuhi Teman Aplikasinya, Partai Perindo Minta Orangtua Perketat Pengawasan Pakai Medsos

Remaja Disetubuhi Teman Aplikasinya, Partai Perindo Minta Orangtua Perketat Pengawasan Pakai Medsos

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 9 Mei 2023 - 14:13
share

JAKARTA - Juru Bicara Nasional DPP Partai Perindo , Ike Julies Tiati meminta orangtua lebih ketat mengawasi penggunaan media sosial (medsos) pada anak. Hal itu ia ungkapkan terkait kasus pemerkosaan remaja putri oleh teman yang baru ia kenal dari medsos di Bandar Lampung.

Bacaleg Partai Perindo, yang dikenal peduli terhadap perempuan dan anak itu, mengatakan pengawasan harus ekstra ketat kepada anak yang usia di bawah umur.

Orangtua harus mampu menjelaskan mana ranah privasi seperti kontak WhatsApp sebagai upaya melindungi anak-anak mereka dari kekerasan seksual.

"Agar anak tidak dengan mudah memberikan nomor handphone dan alamat rumah kepada orang tidak dikenal. Selain itu, jika anak bertemu dengan teman sosial medianya, pastikan anak tidak sendirian saat bertemu dengan temannya tersebut," kata Ike saat dihubungi, Selasa (9/5/2023).

Politisi Partai Perindo, yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 itu, bilang, peran edukasi keluarga harus semakin ditingkatkan. Menurutnya, keluarga merupakan tempat pendidikan pertama dan utama bagi seorang anak.

"Pendidikan dalam keluarga juga sangat berperan dalam mengembangkan watak, karakter, dan kepribadian anak. Sehingga, jika karakter anak telah terbentuk dengan baik maka anak tidak akan mudah terpengaruh oleh lingkungan untuk melakukan tindakan kekerasan," ujar Ike.

Terkait kasus tersebut, pengamat sosial ini menilai pelaku harus diihukum secara maksimal serta menjerat dengan UU TPKS. Sekian upaya hukum, pemulihan hak korban juga menjadi hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan.

"Kasus pemerkosaan tersebut akan memberikan trauma yang berat kepada korban. Sehingga trauma healing dibutuhkan agar korban dapat menjalani kehidupan di masyarakat seperti semula," pungkasnya.

Topik Menarik