Bus Pariwisata Jatuh ke Sungai di Guci Tegal, Sandiaga: Seharusnya Bisa Dihindari

Bus Pariwisata Jatuh ke Sungai di Guci Tegal, Sandiaga: Seharusnya Bisa Dihindari

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 8 Mei 2023 - 20:13
share

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berduka cita atas kecelakaan jatuhnya bus pariwisata ke sungai di kawasan wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah, pada Minggu 7 Mei 2023, yang menewaskan 2 orang dan 35 lainnya luka-luka.

"Atas nama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kami sangat berduka cita, dan menyampaikan belasungkawa yang mendalam terhadap musibah yang terjadi di Guci, Tegal," ujarnya dalam Weekly Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (8/5/2023).

Sandiaga Uno: 38 Hotel Masih Tersedia di Labuan Bajo Jelang KTT ASEAN 2023

Sandiaga menyesalkan terjadianya kecelakaan bus pariwisata yang membawa rombongan peziarah dari Jakarta tersebut.

Menurutnya, kecelakaan semestinya bisa diantisipasi.

Ia mengatakan, perlunya ada standard operating procedur (SOP) khusus agar kedepannya tidak lagi terjadi kejadian serupa.

Sehingga berujung membahayakan keselamatan para penumpang di dalamnya yangs eharusnya jadi prioritas, terlebih saat sedang berwisata.

Ramai Orang Berwisata di Jakarta saat Lebaran, Sandiaga Sebut Tren Baru

"Musibah ini seharusnya bisa dihindari, jika kita memiliki prosedur yang secara disiplin tersosialisasi dengan baik, dan dipatuhi oleh para penyelenggara kegiatan transportasi pariwisata dan ekonomi kreatif," terangnya.

Ia pun memberikan contoh, SOP bus pariwisata di luar negeri. Sopir bus tidak pernah keluar dari kendaraan sebelum bus yang dibawanya itu penumpang di dalamnya sudah benar-benar kosong, sehingga keselamatannya tetap terjaga.

"Misalnya standar-standar seperti itu yang harus diterapkan. Ini sangat disayangkan dan tidak boleh terulang kembali," tambahnya.

Ilustrasi

Oleh karena itu, pihaknya telah menerjunkan tim untuk melakukan koordinasi dan sosialisasi agar kejadian serupa tidak lagi terulang.

"Kami dari kemenparekraf sudah menugaskan staf ahli manajemen krisis, untuk berkoordinasi dan memastikan sosialisasi lintas kementerian lembaga dan pemerintah daerah," pungkasnya.

Topik Menarik