Media Nusantara Citra (MNCN) Raup Pendapatan Rp2,4 Triliun di Kuartal I-2023

Media Nusantara Citra (MNCN) Raup Pendapatan Rp2,4 Triliun di Kuartal I-2023

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 2 Mei 2023 - 19:06
share

IDXChannel - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) meraup pendapatan Rp2.442 miliar pada kuartal I-2023. Pendapatan ini turun 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penurunan pendapatan ini disebabkan oleh beberapa aspek, seperti siklus tahunan dalam industri periklanan. Di mana kuartal pertama dianggap sebagai periode paling lemah dalam satu tahun, serta dampak berkelanjutan dari implementasi parsial analog switch off (ASO) pada November 2022.

"Meski industri dihadapkan pada perubahan yang signifikan, MNCN berhasil untuk tetap solid dan terus berkembang. Perseroan siap untuk memperkuat programnya dengan deretan konten berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan platform digital dan non-digitalnya, untuk
memberikan pengalaman menonton terbaik bagi pemirsa di mana saja," ujar Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam keterangan resmi, Selasa (2/5/2023).

"MNCN juga berkomitmen dalam visinya untuk menjadi solusi hiburan terbaik dan terintegrasi di tanah air dengan terus
memperkaya aset digitalnya dengan teknologi, kreativitas, dan keahlian tercanggih. Secara keseluruhan, kami sangat positif dengan hasil ini dan bersiap menjalani sisa tahun ini," sambung dia.

Pendapatan Iklan

Perseroan mencatat pendapatan iklan sebesar Rp2.225 miliar atau turun 6% YoY namun naik 49% QoQ. Pelemahan pendapatan iklan terutama berasal dari penurunan iklan non-digital sebesar Rp210 miliar di Q1-2023. Iklan non-digital saat ini masih menjadi kontributor terbesar terhadap total pendapatan konsolidasi Perseroan sebesar 62%.

Pendapatan Digital

Pendapatan digital MNCN meningkat 10% YoY menjadi Rp714 miliar. Hal ini disebabkan oleh kinerja yang sangat baik di seluruh saluran digitalnya, termasuk AVOD superapp RCTI+, portal online (iNews Media Group), dan monetisasi media sosial yang berkelanjutan.

Pendapatan Non-Digital

Pendapatan non-digital atau pendapatan FTA Perseroan turun 12% YoY dibandingkan tahun lalu, tercatat sebesar Rp1.511 miliar untuk Q1-2023. Namun, kinerja yang kuat di seluruh program TV dan pemanfaatan iklan kreatif yang tidak memakan air time telah membantu Perseroan mempertahankan posisinya sebagai pemimpin industri, yang ditunjukkan secara QoQ, tumbuh sebesar 75%, dibandingkan dengan Q4-2022.

Pendapatan Konten & IP

Pendapatan konten dan IP untuk Q1-2023 turun 14% YoY menjadi Rp345 miliar. Pendapatan konten bersih (ditampilkan sebagai pendapatan konten setelah eliminasi) mencapai Rp69 miliar.Ini mewakili pendapatan MNCN dari melisensikan kontennya ke berbagai platform distribusi pihak ketiga. Pendapatan Berlangganan Pendapatan berlangganan dibukukan sebesar Rp124 miliar untuk Q1-2023.

Selain itu, Vision+ baru saja menyelesaikan kerja sama dengan perusahaan yang berbasis di Malaysia, Panorama TV Asia Broadcast Sdn Bhd (Panorama), anak perusahaan Digistar Corporation Berhad, sebuah perusahaan publik di bursa saham Malaysia dengan menandatangani perjanjian kerjasama sebagai inisiatif untuk mendorong Vision+ lebih lanjut di Malaysia.

Beban Langsung

Beban langsung Perseroan turun 6% YoY menjadi Rp920 miliar untuk Q1-2023 akibat respon terhadap pemulihan belanja iklan. Perseroan mencadangkan sebagian besar program unggulannya untuk Q2-2023 dan kedepan. Peningkatan efisiensi juga terbentuk dari operasi produksi konten di Movieland. Selain itu, dengan mengurangi kesepakatan lisensi pihak ke-3 dengan studio konten asing, telah terjadi peningkatan siaran konten lokal di FTA MNCN hingga 90%.

Laba Kotor

Dari sisi laba kotor, MNCN mengalami penurunan sebesar 7% menjadi Rp1.425 miliar. Hal ini terutama disebabkan oleh dampak penerapan ASO yang cukup memberikan ketidakpastian di industri. Namun, kuartal ini telah menunjukkan peningkatan sebesar 53% dibandingkan Q4-2022.

EBITDA dan Laba Bersih

EBITDA Perseroan untuk Q1-2023 mencapai Rp1.057 miliar atau turun 7% YoY (+63% QoQ) dibandingkan tahun sebelumnya, mewakili marjin EBITDA sebesar 43%. Selain itu, Perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp677 miliar pada Q1-2023, yang merupakan margin laba bersih sebesar 28%. Meskipun demikian, MNCN mencatatkan peningkatan 92% secara dibandingkan Q4-2022.

Meskipun terus mendapat tekanan dari pengiklan pada penempatan iklan di media tradisional, khususnya di TV FTA yang disebabkan oleh implementasi parsial ASO, MNCN telah berhasil meningkatkan kinerja keuangannya secara QoQ.

Dari sisi belanja iklan, Perseroan masih terus menyerap hampir setengah dari belanja iklan nasional pada Q1-2023 sebesar 45,1%. Namun, MNCN melihat hambatan yang saat ini terjadi terhadap kepercayaan pengiklan bersifat sementara, karena prospek pada Q2-2023 dan seterusnya akan positif dengan adanya kejelasan yang lebih baik tentang dampak ASO, serta segenap rencana program berprofil tinggi yang akan disiarkan selama periode tersebut. Pangsa pemirsa di Q1-2023 juga tercatat sebesar 44,8% selama prime-time,
sementara MNCN menempatkan 12 programnya di 20 acara teratas untuk periode yang sama.

Pada kontribusi pendapatan, prime-time masih memberikan kontribusi yang sehat sebesar 51% (49% non prime-time), iklan nonreguler menambahkan 22% (78% iklan reguler), dan terakhir, program reguler di 79% (21% program khusus), menunjukkan ketergantungan yang kuat pada kemampuan pemrograman hariannya.

(DES)

Topik Menarik