Google Gunakan CryptBot, Cegah Pencurian Data Pribadi Pengguna

Google Gunakan CryptBot, Cegah Pencurian Data Pribadi Pengguna

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 28 April 2023 - 00:27
share

AMERIKA, celebrities.id - Google diberi lampu hijau untuk menghapus infrastruktur malware terkait dengan malware Cryptbot, di mana, malware digunakan untuk mencuri informasi pribadi pengguna.

Kabarnya, Google memperkirakan malware tersebut sudah telah menginfeksi sekitar 670 ribu komputer pada 2022 dan menargetkan pengguna Google Chrome untuk mencuri data mereka.

Seperti dilansir Gadgetsnow, Kamis (27/4/2023) google menargetkan distributor dibayar menyebarkan malware secara luas, untuk diunduh dan diinstal pengguna, menginfeksi mesin serta mencuri data pengguna.

Untuk diketahui, Cryptbot merupakan jenis malware yang sering disebut sebagai "infostealer". Malware tersebur telah dirancang untuk mengidentifikasi seeta mencuri informasi sensitif.

Seperti halnya informasi kredensial otenrikasi login akun media sosiak, dompet cryprocurrency dan informasi penting lainnya dari komputer korban.Google menjelaskan CryptBot mengirimkan data yang dicuri untuk diambil, hingga akhirnya dijual pada penjahat untuk dipakai dalam kampanye pelanggaran data.

Untuk pendistribusiannya, distributor malware menawarkan versi modifikasi daei banyak paket perangkat lunak berbahaya, yang dimaksudkan untuk menginfeksi mesin mereka.

Google menjelaskan Versi CryptBot terbaru sudah dirancang untuk secara khusus menargetkan pengguna Google Chrome.

"Tim CyberCrimes Investigations Group (CCIG) dan Threat Analysis Group (TAG) Google bekerja untuk mengidentifikasi distributor, menyelidiki, dan mengambil tindakan, jelas Google seperti yang dikutip dari laman gadgetsnow.

Dalam upaya tersebut, Google sudah mengajukan litigasi pada beberapa distributor utama Cryptbot yang kabarnya berbasis di Pakistan dan mengoperasikaperusahaan kriminal di seluruh dunia.

Untuk menghambat penyebaran CrypBot, pengadilan sudah memberikaperintah penahanan sementara, untuk mengganggu upaya terhadap distributor dan infrastrukturnya, serta menghapus domain saat ini, dan yang akan datang terkit dengan distribusi Cryptbot.

Dengan melakukan serangan terhadap distributor dan infrastruktur diperkirakan akan memperlambat terjadinya infeksi baru serta memperlambat pertumbuhan dari CryptBot.

Topik Menarik