Mengenal Alek Nagari Pulang Basamo, Tradisi Lebaran Bersama Perantau di Sumbar

Mengenal Alek Nagari Pulang Basamo, Tradisi Lebaran Bersama Perantau di Sumbar

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 05:00
share

MASYARAKAT Nagari Kacang, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok , Sumatera Barat punya tradisi unik perayaan Idul Fitri. Namanya Alek Nagari Pulang Basamo atau adat nagari pulang bersama para perantau ke kampung halaman.

Tradisi Alek Nagari Pulang Basamo turut memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 di Nagara Kacang, pada Selasa lalu.

Wali Nagari Kacang Andrian Rajo Batuah mengatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk bisa menjalin kembali silaturahmi yang erat karena dengan ini pembangunan di segala sisi di Nagari Kacang akan terlaksana dengan baik.

Mengenal Festival Rakik-Rakik, Tradisi Lebaran Khas Masyarakat Danau Maninjau

Ia mengatakan kebersamaan dan kekompakan antara para perantau dan masyarakat di Nagari Kacang sangat diharapkan untuk kemajuan dan pembangunan nagari agar semakin maju.

"Saya berharap melalui kegiatan ini masyarakat bersama sama membangun Nagari Kacang tercinta," kata dia seperti dikutip dari ANTARA , Rabu (26/4/2023).

Lebih lanjut, ia mengatakan pada tahun 2022 lalu, Nagari Kacang telah mengusulkan program perpanjangan tiang listrik dari Jorong Pisang ke Nagari Bukit Kanduang ke bupati Solok.

Meriah! Begini Tradisi Warga Arab Saudi Merayakan Idul Fitri

"Alhamdulillah pada tahun ini kita telah menekan kontrak dengan PLN Kabupaten Solok dan akan segera dibangun. Selain itu, ada enam kegiatan lagi yang akan kita laksanakan di Nagari Kacang," ucap dia.

Lebih lanjut, ia juga mengusulkan ke bupati Solok untuk melakukan pengerasan jalan yang dibuka oleh ekskavator sepanjang 6 kilometer dari simpang Kayu Pangkat menuju Rimbo Taji.

Di samping itu, Bupati Solok Epyardi Asda mengatakan acara pulang basamo merupakan hal yang lumrah dilaksanakan di Kabupaten Solok, karena hampir setiap tahun para perantau pulang ke kampung halaman.

"Acara pulang basamo ini juga bertujuan untuk saling menukar pikiran guna pembangunan di nagari kita masing-masing," ucap dia.

Ia juga meminta bantuan kepada para perantau Kabupaten Solok untuk membantu membangun Nagari Kacang di Kabupaten Solok, karena pembangunan di Kabupaten Solok ini tidak cukup hanya dengan mengandalkan APBD Kabupaten Solok.

Ilustrasi

"Insya Allah usulan dari setiap nagari itu akan saya perjuangkan dengan sungguh-sungguh, karena saya menganut prinsip anggaran berbasis kebutuhan rakyat, setiap sen duit rakyat akan saya berikan kembali kepada rakyat guna melakukan pembangunan," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan usulan-usulan tersebut akan menjadi acuan bagi Pemda untuk memberikan APBD guna pembangunan di setiap nagari.

Topik Menarik