Resmi Tutup Layanan, JD.ID Diminta Musnahkan Seluruh Data Pengguna

Resmi Tutup Layanan, JD.ID Diminta Musnahkan Seluruh Data Pengguna

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 6 Februari 2023 - 16:41
share

IDXChannel - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta platform jual beli online JD.ID untuk memusnahkan semua data pengguna saat mereka resmi menutup layanannya.

Hal ini menyusul statement yang dilontarkan perusahaan asal China itu yang mengatakan bahwa mereka akan gulung tikar per 31 Maret mendatang.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam acara Peringatan Hari Privasi Data Sedunia bersama GoTo yang digelar pada Senin (6/2/2023) menyebut JD.ID wajib menghapus data pengguna yang telah dikumpulkan sebelumnya. Menurutnya, ini telah diatur dalam Undang-undang Perlindungan Data Pribadi.

"Kalau mereka itu (gulung tikar), mereka harus announce. Kalau dia tutup dia harus musnahkan. Kalau dia tidak lagi menggunakan, kan wajib menutup karena data pribadi dikumpulkan sesuai dengan peruntukannya. Ngapain nyimpen data pribadi, enggak boleh," ungkap petinggi Kominfo pria yang kerap disapa Semy itu.

Semy menuturkan JD.ID selain wajib melakukan penghapusan data pengguna, mereka juga wajib mengumumkan kepada pengguna bahwa mereka akan menutup layanan dan memastikan bahwa data mereka akan dihapus. Ia mengatakan tidak ada alasan menahan data pengguna karena sudah tidak lagi relevan.

"Ngapain dia pakai di sana, enggak ada urusannya kan marketnya di sini. Tapi kan mereka sudah tidak menargetkan market di sini buat apa lagi data pribadi itu. Menggunakan data pribadi tanpa izin itu bisa kena pelanggaran namanya kriminal. Dia (harus) umumkan ke penggunanya bahwa akan ditutup dan data pribadinya akan dihapus," pungkasnya.

Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID Setya Yudha Indraswara mengumumkan bahwa JD.ID resmi menutup seluruh layanan per 31 Maret 2023. Di mana mulai 15 Februari mendatang, platform tersebut sudah tidak menerima pesanan.

Diungkapkan bahwa JD.ID akan memberi waktu bagi seluruh mitra pengguna dan penjual untuk menyelesaikan transaksinya hingga akhir Maret 2023. Setya menyebut ini merupakan keputusan strategis dari JD.COM untuk berkembang di pasar internasional lalu fokus pada pembangunan jaringan rantai pasok lintas-negara, dengan logistik dan pergudangan sebagai intinya.

( SAN )

Topik Menarik