9 Investasi Terbaik 2023 yang Bisa Cuan di Akhir Tahun

9 Investasi Terbaik 2023 yang Bisa Cuan di Akhir Tahun

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 09:09
share

IDXCHANNEL - Beberapa investasi terbaik 2023 ini bisa membantu meningkatkan keuangan Anda. Karenanya Anda bisa membaca artikel ini hingga tuntas.

Tentunya nilai dan jenis investasi ini memilki nilai yang berbeda. Mereka memiliki kebutuhan dan peningkatan serta risikonya masing-masing. Karena itu semakin tinggi nilainya, semakin tinggi pula risikonya.

Lantas apa saja investasi terbaik 2023? Simak penjelasan yang dihimpun kami dari pemberitaan yang ada di IDX CHANNEL.

Investasi Terbaik 2023

1. Reksa Dana

Menjadi pilihan yang pertama sebagai investasi terbaik 2023, reksa dana bisa menjadi pilihan tepat dalam meningkatkan pendapatan keuangan Anda.

Terlebih secara risiko, reksa dana cenderung lebih awan dan minim selama Anda mempercayai ke manajer investasi yang aman dan berpengalaman.

Untuk memulai mungkin Anda bisa mempelajari beberapa jenis reksa dana yang ada di beberapa bank.

2. Emas

Bila Anda memiliki finansial yang berlebih, Anda bisa mencoba memulai dengan membeli emas, baik fisik seperti perhiasan atau logam mulia. Atau bahkan emas digital yang terjual di beberapa marketplace, pegadaian, hingga lainnya.

Emas juga bisa menjadi pilihan tepat dalam investasi terbaik 2023 karena kekuatannya yang stabil dan anti resesi menjadi pilihan yang tepat. Terlebih dalam satu kondisi, seperti krisis emas bisa mengalami kenaikan.

3. Obligasi

Jenis obligasi dikeluarkan oleh pemerintah atau suatu perusahaan. Seperti diketahui, surat utang bisa Anda beli dan uang pembelian tersebut digunakan untuk investasi.

Sebagai bentuk timbal balik, pihak penyedia obligasi akan membayar kepadamu ditambah dengan bunga yang disebut kupon. Kupon ini dibayar dalam rentang waktu yang bervariasi, bisa tiga sampai enam bulan.

Sebagai langkah awal dalam investasi, Anda memerlukan uang paling tidak Rp1.000.000 dan membeli obligasi yang aman.

9 Investasi Terbaik 2023 yang Bisa Cuan di Akhir Tahun. (FOTO : MNC MEDIA)

4. P2P Lending

Investasi sistem pinjaman ini bisa jadi salah jenis investasi yang aman. Nantinya, danamu akan dipinjamkan oleh seorang peminjam, biasanya untuk keperluan proyek atau pengembangan bisnis.

Keuntungan akan Anda rasakan apabila peminjam sudah mencicil setoran pinjamannya. Sistem setorannya disesuaikan dengan kesepakatan antara pemberi dan penerima pinjaman.

5. Deposito Berjangka

Selain itu ada jenis deposito berjangka yang bisa digunakan simpanan uang di bank. Caranya pun cukup mudah dengan menyetorkan uang ke bank terpercaya dan lengkapi semua persyaratannya.

Setelah itu, percayakan bank untuk menyimpan uangnya dalam waktu tertentu. Dan ketika waktunya tiba uang Anda akan bertambah.

Untuk mencoba investasi ini, siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dan setoran awal. Pastikan bank penyedia deposito sudah terdaftar di dalam LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

6. Asuransi

Selain itu, asuransi akan melindungimu kini bisa digabung dengan investasi. Cukup dengan membayar premi secara rutin, Anda sudah bisa berinvestasi.

Jenis investasi ini juga cocok untuk Anda yang sibuk bekerja karena danamu akan dikelola oleh ahlinya. Sekalipun demikian, Anda harus siap apabila tidak meraih keuntungan.

7. Properti

Melihat kebutuhan properti akhir-akhir ini, pilihan properti yang memenuhi syarat yang ideal, seperti lokasi yang strategis dan fasilitas yang memadai.

Apabila properti sudah dibeli, silakan putar uangmu dengan cara menyewakannya atau menjual kembali. Keuntungan yang didapat pun bisa mencapai jutaan rupiah.

Tak hanya itu, investasi ini juga bisa menguntungkan dalam waktu yang lama.

8. Sukuk

Sukuk merupakan pilihan investasi yang cocok untuk umat Islam. Pada dasarnya, investasi jenis ini sama dengan obligasi.

Hanya saja, sukuk menerapkan prinsip syariah. Jadi, investasi ini tidak mengandung unsur judi, ketidakjelasan, dan riba. Meskipun demikian, kamu tetap mendapatkan keuntungan dari imbalan.

Imbalannya pun bisa lebih tinggi dibanding rata-rata bunga deposito dari bank BUMN. Apabila Anda memilih sukuk ritel milik pemerintah, imbalan kamu bersifat tetap sehingga pasti dibayar setiap bulan.

9. Saham

Investasi saham juga bisa dicoba. Tak perlu menggelontorkan banyak uang, Anda bisa berinvestasi hanya dengan Rp100 ribu. Tentu ini menjadi angin segar bagi pemula.

Setelah itu, pilih emiten atau penyedia saham yang menyediakan lot dengan harga di bawah Rp1.000 per lembar.

Itulah investasi terbaik 2023 yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan menambah wawasan Anda.

Topik Menarik