Simak Cara Mudah Memesan Saham Rights Issue BTN

Simak Cara Mudah Memesan Saham Rights Issue BTN

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 12:01
share

IDXChannel Cara mudah memesan saham rights issue BTN atau PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) bisa dilakukan jika Anda sudah memiliki HMETD (Hak Memesan Efek Terlebih Dulu).

BTN secara resmi telah memulai masa pelaksanaan HMETD pada 28 Desember 2022 hingga 5 Januari 2023 mendatang. Tahapan ini merupakan salah satu tahapan penting dalam aksi korporasi rights issue II BBTN dengan nilai mencapai 4,13 triliun.

Dalam aksi ini, BTN menawarkan sebanyak-banyaknya 3,44 miliar saham baru seri B atau 24,54% dari total modal yang ditempatkan dan disetor penuh perseroan usai PMHMETD II.

Sementara itu, pemegang 100 juta saham biasa atas nama (saham lama) yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham (DPS) pada tanggal terakhir pencatatan (recording date) berhak atas 32.525.443 HMETD.

Lalu, bagaimana cara mudah memesan saham rights issue BTN bagi investor yang telah memiliki hak HMETD ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mudah Memesan Saham Rights Issue BTN

Bagi investor yang berhak atas HMETD dan berminat untuk mengikuti aksi korporasi BTN, Anda bisa memesan saham rights issue BTN dengan cara sebagai berikut.

Perlu dicatat, pemesanan ini hanya bisa dilakukan mulai 28 Desember 2022 hingga 5 Januari 2023. Jika dalam rentang waktu tersebut HMETD tidak ditebus, maka HMETD akan hangus. Sementara itu, bagi Anda yang berhasil menebus HMETD, saham baru akan mulai didistribusikan dari 30 Desember 2022 hingga 9 Januari 2023 mendatang.

Adapun 1 HMETD bisa ditukar dengan 1 saham BBTN biasa dengan harga pelaksanaan Rp1.200. Jadi, jika Anda ingin menebus 1 lot HMETD, maka Anda perlu menyiapkan dana di Rekening Dana Nasabah (RDN) sebesar Rp120.000 dengan status likuid atau T+0. Setelah memperoleh distribusi saham BBTN baru dan muncul di rekening saham, Anda sudah bisa memperdagangkannya seperti biasa.

Topik Menarik