Kadin Ungkap Pengusaha RI Kurang Optimal Garap Hilirisasi di Sektor Komoditas

Kadin Ungkap Pengusaha RI Kurang Optimal Garap Hilirisasi di Sektor Komoditas

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 10:21
share

IDXChannel - Ketua Umum Kamar dagang dan Industri (Kadin), Arsjad Rasjid mengatakan hilirisasi sektor pertanian mempunyai potensi besar untuk mendatangkan nilai tambah perekonomian Indonesia.

Oleh karena itu perlu adanya dorongan hilirisasi di berbagai sektor komoditas, terutama pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan. Menurutnya sektor-sektor tersebut memiliki kontribusi besar pada perekonomian, dengan porsi ekspor yang belum maksimal.

"KADIN berharap pemerintah dan pelaku usaha dapat berkolaborasi untuk menciptakan nilai tambah sumber daya alam sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan daya saing komoditas ekspor unggulan dalam negeri, kata Ketum Arsjad dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (30/12/2022).

Arsjad mengatakan sektor perkebunan, kehutanan, dan perikanan padahal mempunyai kontribusi besar pada perekonomian, akan tetapi saat ini porsi ekspor belum maksimal.

"Tahun 2023 bisa menjadi tahun yang transformatif apabila para pelaku usaha mampu mengidentifikasi peluang pasar yang tepat," kata Arsjad.

Arsjad menegaskan menyebut Indonesia sudah diberkahi dengan berbagai sumber daya alam dan mineral hingga potensi energi terbarukan. Sehingga yang perlu dilakukan adalah Hilirisasi untuk memanfaatkan kekayaan alam tersebut untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

"Hal ini perlu kita lakukan selain untuk menerjang potensi badai ekonomi juga untuk mewujudkan tujuan besar kita sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045 dan mencapai net zero emission di 2060," pungkasnya.

(SLF)

Topik Menarik