Mirip Hacker Bjorka, Serial "Mr. Robot' Kisahkan Peretas yang Hancurkan Data Perusahaan

Mirip Hacker Bjorka, Serial "Mr. Robot' Kisahkan Peretas yang Hancurkan Data Perusahaan

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 12 September 2022 - 12:45
share

Seorang hacker dengan nama Bjorka akhir-akhir ini membuat heboh di media sosial yang dianggap telah meretas beberapa situs negara serta mencuri data lalu menyebarkannya. Sepak terjangnya tentu mengingatkan kepada kisah-kisah hacker di film atau serial televisi.

Salah satu peretas di dunia fiksi yang disebut mirip dengan sosok Bjorka adalah Elliot Alderson dari serial \'Mr. Robot\' yang pernah tayang di USA Network sejak 2015 sampai 2019 lalu.

Walaupun belum ketahuan seperti apa sosok Bjorka , apakah pria atau wanita, anak muda atau orang tua, tapi beberapa netizen menyamakan sosoknya dengan sosok di \'Mr. Robot\' yang diperankan Rami Malek tersebut.

Mengutip The Wall Street Journal, seri ini bercerita tentang Elliot Alderson (Rami Malek), seorang pemuda yang tinggal di New York City dan bekerja sebagai ahli keamanan maya di Allsafe.

Ia mengalami kegelisahan sosial, gangguan identitas disosiatif, dan depresi klinis. Karena itu, jalan berpikir Elliot tampaknya sangat dipengaruhi oleh paranoia dan delusi.

Ia berinteraksi dengan orang lain dengan cara meretas mereka. Dengan kemampuannya, ia kadang main hakim sendiri (cyber-vigilante).

Elliot direkrut oleh seorang anarkis insureksioner misterius yang biasa dipanggil Mr. Robot. Ia kemudian bergabung dengan kelompok hacktivis bernama fsociety.

Salah satu misi mereka adalah memutihkan semua utang konsumen dengan menghancurkan data milik salah satu perusahaan terbesar di dunia, E Corp (disebut Evil Corp oleh Elliot), sekaligus klien terbesar Allsaf

Serial
Serial \'Mr. Robot\' yang bercerita tentang hacker seperti kasus Bjorka. (IMDB).

Kalau kalian sudah pernah menonton serial Mr. Robot, pasti bakal paham apa yang bisa dilakukan hacker dan efeknya terhadap sebuah pemerintahan.

Kita bisa menyaksikan bagaimana Elliot Alderson bisa membuat perekonomian Amerika runtuh seketika. Namun apa yang dilakukan Bjorka belum sejauh itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik