Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri Umum, Struktur dan Contoh

Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri Umum, Struktur dan Contoh

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 4 Agustus 2022 - 13:41
share

JAKARTA, celebrities.id - Teks eksplanasi penting dipelajari terkhusus bagi kamu yang terjun dalam dunia kerja jurnalistik atau media konvensional agar lebih mudah dalam menyusun sebuah berita atau informasi.

Teks eksplanasi bertujuan supaya pembaca tahu uraian tentang berbagai fenomena dan peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Fenomena yang dituliskan dalam teks eksplanasi biasanya berisi fenomena alam, sosial, budaya dan lain sebagainya.

Di samping itu, manfaat mempelajari teks eksplanasi yakni agar pembaca dapat mengerti suatu informasi secara detail berdasarkan pendapat umum dan data faktual yang ada di lapangan.

Eksplanasi bersifat fakta dan data yang dipakai sesuai dengan kejadian serta kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan.

Teks eksplanasi umumnya terdiri atas paragraf-paragraf yang memaparkan rangkaian peristiwa yang diawali dengan pernyataan umum lalu diikuti oleh rangkaian peristiwa.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Kamis (4/8/2022) telah merangkum teks eksplanasi sebagai berikut.

Pengertian Teks Eksplanasi

Merujuk pada e-Modul Bahasa Indonesia tentang "Memproduksi Teks Eksplanasi" (2018) oleh Silvia Devika, teks eksplanasi diartikan sebagai sebuah teks tentang penjelasan atas suatu proses yang berhubungan dengan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa dapat terjadi, entah itu dari peristiwa alam maupun peristiwa sosial budaya.

Teks eksplanasi bertujuan agar pembaca dapat memperoleh pemahaman mengenai latar belakang fenomena tersebut secara jelas dan logis. Teks eksplanasi banyak memakai fakta dan pernyataan yang mempunyai hubungan sebab-akibat atau kausalitas.

Ciri Umum Teks Eksplanasi

a. Memakai kata yang bermakna denotatif atau sebenarnya.
b. Memakai kalimat pasif yang subjeknya berperan sebagai penerima atau terdampak.
c. Memakai banyak konjungsi kausalitas atau sebab akibat.
d. Kerap memakai istilah ilmiah atau banyak kata teknis sesuai dengan topik yang dibahas.
e. Lebih fokus pada hal umum bukan partisipan manusia.

Struktur Teks Eksplanasi

a. Pernyataan Umum

Pernyataan umum mengandung sebuah pernyataan dan mewakili tentang suatu topik yang akan dibahas serta akan menjelaskan proses terjadinya, keberadaannya, terbentuknya, dan lain sebagainya.

Bersifat ringkas, menarik dan jelas sehingga dapat membangkitkan minat pembaca untuk membaca secara detailnya.

b. Urutan Sebab Akibat

Pada bagian ini memuat penjelasan proses mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi. Selain menjelaskan fenomena itu sendiri, struktur ini menekankan pada proses fenomena itu dapat terjadi.

Berpola atas pertanyaan mengapa akan menciptakan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasar pada hubungan sebab akibat.

c. Interpretasi

Interpretasi bisa juga disebut penutup. Bagian ini berisi simpulan dari kejadian atau fenomena yang sudah dibahas.

Di dalam penutup kita dapat menambahkan saran atau pun tanggapan penulis mengenai fenomena yang terjadi.

Contoh Teks Eksplanasi

1. Dampak Urbanisasi

-Pernyataan Umum

Arus urbanisasi ke kota-kota besar di Indonesia semakin besar seiring dengan pertumbuhan ekonomi regional.

-Urutan Sebab Akibat

Di sisi lain, kesempatan kerja yang tersedia di kota-kota besar tersebut tidak mampu menampung pelaku urbanisasi karena keterbatasan keterampilan yang dibawa dari daerah asal. Akhirnya, muncul gelandangan dan pengemis di kota-kota besar di Indonesia.

-Interpretasi

Gelandangan adalah orang-orang yang hidup dalam keadaan yang tidak sesuai dengan norma kehidupan yang layak dalam masyarakat setempat, serta tidak mempunyai tempat tinggal dan pekerjaan tetap di wilayah tertentu. Pengemis adalah orang yang mendapatkan penghasilan dengan meminta-minta di muka umum dengan berbagai cara dan alasan untuk mengharapkan belas kasihan orang lain. Oleh karena itu, pemerintah wajib membuat aturan yang efektif agar proses urbanisasi ini dapat teratasi secara baik.
(Sumber: Kemendikbud)

2. Manfaat Antibiotik

-Pernyataan Umum

Antibiotik merupakan substansi yang dihasilkan organisme hidup yang dalam konsentrasi rendah dapat membunuh organisme lainnya.

-Urutan Sebab Akibat

Secara sederhana, antibiotik adalah obat untuk menanggulangi infeksi bakteri. Antibiotik ini sangat penting karena infeksi bakteri dapat menyerang dibagian tubuh manapun. Apabila infeksi ini menyerang otak, akan menjadi meningitis, terkena paru-paru, dan akan menjadi bronchitis.

-Interpretasi

Maka dari itu, penggunaan antibiotik rasional perlu memenuhi beberapa kriteria yakni tepat diagnosis, tepat indikasi penyakit, tepat pemilihan obat, tepat dosis, tepat cara pemberian, tepat interval waktu pemberian, tepat lama pemberian, tepat penilaian kondisi pasien dan tepat informasi.
(Sumber: Kemendikbud)

3. Pentingnya Paguyuban

-Pernyataan Umum

Paguyuban merupakan kelompok masyarakat yang ikatan sosialnya didasari oleh ikatan perorangan yang sangat kuat. Tanda-tandanya antara lain sesama anggota menampakkan pertemanan atau persahabatan yang rukun, berhubungan simpatik dan tak ada permusuhan.

-Urutan Sebab Akibat

Dalam suasana yang guyub ada kerukunan atau harmoni. Kerukunan berarti suasana damai dan tanpa pertengkaran. Kerukunan berarti pula adanya perasaan satu hati dan kesepakatan. Itulah sebabnya terdapat istilah rukun tetangga dan rukun warga dalam struktur masyarakat di Indonesia. Maksudnya tidak lain agar di dalam kelompok masyarakat itu tercipta kedamaian.

-Interpretasi

Oleh karenanya, kelompok yang rukun akan ditandai dengan semacam perjanjian dalam perasaan, sikap atau tindakan setiap anggota untuk gembira membangun kebersamaan sehingga yang terjadi adalah hal-hal yang menyenangkan.

Topik Menarik