Konsisten Edukasi Masyarakat, Allianz Indonesia Gelar Webinar #YukPahami PAYDI dan Manfaatnya

Konsisten Edukasi Masyarakat, Allianz Indonesia Gelar Webinar #YukPahami PAYDI dan Manfaatnya

Ekonomi | wartaekonomi | Jum'at, 22 April 2022 - 17:13
share

Allianz Indonesia secara konsisten dan berkelanjutan menggelar webinar series untuk memberi informasi dan edukasi kepada nasabah seputar perlindungan asuransi. Baru-baru ini Allianz mengangkat topik webinar "#YukPahami PAYDI dan Manfaatnya", tentang topik Produk Asuransi Yang berkaitan dengan investasi (PAYDI) dan manfaatnya dilatarbelakangi oleh ketentuan baru yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 14/3/2022 yang lalu.

Dengan mengikuti webinar ini, diharapkan masyarakat dapat memahami kebutuhan dan profil risiko sebelum membeli produk, dan jikasudah menjadi nasabah, maka dapat meninjau ulang dan menyesuaikan perlindunganasuransi yang dimiliki dengan kebutuhan yang mungkin berubah seiring dengan berjalannyawaktu.

Hadiman Saputra, Head of Bancassurance Allianz Life Indonesia, dalam sambutannya diacara webinar "#YukPahami PAYDI dan Manfaatnya" mengatakan bahwa PAYDI pada dasarnya adalah produk asuransi yang mengedepankan manfaat perlindungan.

"Tujuan dari produk ini adalah solusi keuangan jangka panjang yang memberikan perlindungan, baik jiwa maupun kesehatan, dan produk ini disertai dengan unsur investasi. Nasabah harus memahami dengan baik dan benar mengenai manfaat perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan, lalu ada biaya yang dikenakan sesuai dengan perlindungan asuransi yang dipilih. Nasabah juga harus memahami profil risiko masing-masing, karena imbal hasil dana investasi pada produk ini akan mengikuti kondisi pasar," kata Hadiman, dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (22/4/2022).

Hadir sebagai pembicara yang menjelaskan mengenai PAYDI dalam webinar ini, DominicoSavio Rendra Wibowo, Head of Allianz Sales Academy Bancassurance & HCS Program,yang menjelaskan mengenai manfaat perlindungan asuransi dalam PAYDI, dan MetaLakhsmi Permata Dewi, Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia, yang memaparkan tentang cara memilih dana investasi yang tepat sesuai dengan profil risiko nasabah.

"Ciri khas PAYDI adalah aksesibilitas, fleksibilitas, dan manfaat ganda, yaitu perlindunganasuransi dan sekaligus investasi. Dengan PAYDI, nasabah dapat melakukan penarikan nilaitunai sebagian dan cuti premi, jika terjadi kesulitan keuangan, tanpa harus kehilanganperlindungan asuransinya. Namun, harus diingat bahwa fasilitas ini akan memotong nilai tunaidalam polis asuransi nasabah untuk menggantikan premi yang dibayarkan secara rutin.Karena itu, sebelum memutuskan untuk mengambil cuti premi, nasabah harus bijaksanamemastikan jumlah nilai tunainya cukup agar polis tetap aktif. Pembayaran premi sebaiknyadilanjutkan kembali sesegera mungkin agar polis tetap aktif, karena cuti premi yang berkepanjangan bisa berakibat nilai tunai dalam polis menjadi habis, dan polis menjadi lapsed (tidak aktif)," katanya.

Dominico Savio Rendra Wibowo, Head of Allianz Sales Academy Bancassurance & HCS Program menjelaskan mengenai ciri khas dan manfaat dalamPAYDI yang harus dipahami oleh nasabah.

"Nasabah dapat juga menambahkan manfaattambahan/ rider secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan, bahkan kapanpun ketika sudahmemiliki polis asuransi. Lalu premi yang dibayarkan oleh nasabah, sebagian akandialokasikan menjadi investasi dan sebagian lagi menjadi biaya akuisisi yang mengikutiskema produk yang dipilih nasabah. Skema unit link inilah yang penting untuk dipahami agardapat mengoptimalkan manfaat dari PAYDI, baik dari sisi perlindungan asuransi maupuninvestasinya," kata Rendra.

Untuk membantu nasabah dan masyarakat memahami sisi investasi dalam PAYDI, AllianzIndonesia juga memberikan materi mengenai tujuan utama PAYDI untuk perlindunganasuransi, bukan untuk investasi semata.

"Manfaat perlindungan asuransi nasabah sifatnyadijamin, tetapi potensi nilai investasi tidak dijamin, karena akan ditempatkan di pasar modalsehingga kinerja dana investasi ini akan mengikuti kondisi pasar. Nasabah harus memahamiprofil risiko masing-masing untuk memilih dan mempertimbangkan dana investasi yang tepat, sebelum menentukan jenis dana untuk alokasi investasi pada PAYDI.

Pertimbangan sebelum memilih dana investasi antara lain menentukan terlebih dahulu untuk apa tujuan investasi,berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan preferensi terhadap risiko atau seberapa besar kitadapat menanggung risiko yang biasa disebut profil risiko, yang terkategori menjadikonservatif, moderat, ataupun agresif," jelas Meta Lakhsmi Permata Dewi, Head ofInvestment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia.

Lebih lanjut, Meta juga mengingatkan nasabah untuk selalu meninjau polis asuransi yangdimiliki, terutama jika mengalami perubahan, baik dari sisi income , bisnis yang dijalankan,ataupun penambahan anggota keluarga, agar produk yang dipilih tetap sesuai kebutuhan.

Topik Menarik