Dampak Perang terhadap Ekonomi Rusia dan Ukranina

Dampak Perang terhadap Ekonomi Rusia dan Ukranina

Ekonomi | okezone | Selasa, 1 Maret 2022 - 16:15
share

JAKARTA - Ukraina menuntut gencatan senjata segera dan penarikan pasukan Rusia sewaktu delegasinya tiba hari Senin untuk pembicaraan denga Rusia.

Sementara itu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mendesak Uni Eropa untuk segera menerima negaranya dalam blok tersebut.

Perundingan antara Ukraina dan Rusia dimulai di perbatasan Ukraina-Belarus, dengan kantor Zelenskyy menyatakan delegasi Ukraina mencakup Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov dan penasihat presiden Mykhailo Podolyak.

Zelenskyy meminta negaranya diterima segera sebagai anggota Uni Eropa dalam pesan video, di mana di dalamnya ia mendorong pasukan Rusia untuk meletakkan senjata mereka.

Tujuan kami adalah untuk bersama dengan semua warga Eropa, dan yang paling penting, memiliki kesempatan yang sama. Saya yakin ini adil. Saya yakin ini memungkinkan," tambahnya.

Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengatakan ia berbicara dengan pemimpin Ukraina itu melalui telepon dan memujinya atas keberanian rakyat dan angkatan bersenjata Ukraina.Sekutu-sekutu NATO meningkatkan dukungan dengan misil pertahanan udara, senjata antitank, serta bantuan kemanusiaan dan keuangan, cuit Stoltenberg.

Rusia menghadapi tekanan diplomatik dan ekonomi yang meningkat hari Senin, hari kelima invasinya, dengan Majelis Umum PBB dijadwalkan mengadakan sidang darurat, nilai mata uang Rusia merosot ke rekor rendah dan ditambahkannya sanksi-sanksi baru terhadap bank sentralnya.

Topik Menarik