Ingin Asuransi dan Investasi Sekaligus? Kenali Unit Link dan Ragam Istilahnya

Ingin Asuransi dan Investasi Sekaligus? Kenali Unit Link dan Ragam Istilahnya

Ekonomi | republika | Senin, 21 Februari 2022 - 13:14
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring perkembangan zaman, masyarakat semakin sadar akan pentingnya memiliki proteksi dari berbagai risiko yang mungkin terjadi melalui produk asuransi jiwa. Di sisi lain, kesadaran masyarakat untuk berinvestasi juga semakin meningkat.

Produk asuransi unit link bisa menjadi pilihan untuk menjawab dua kebutuhan tersebut sekaligus. Asuransi unit link adalah kombinasi antara dua produk keuangan, yakni produk asuransi dan produk investasi. Produk ini yang termasuk dalam produk asuransi non tradisional.

Head of Marketing, Branding & Digital Astra Life Windy Riswantyo menjelaskan, pada unit link, selain ditujukan untuk keperluan proteksi yang dapat memberi perlindungan jiwa dan kesehatan hingga usia 99 tahun, sebagian premi yang dibayarkan juga akan dialokasikan untuk berinvestasi sehingga terdapat nilai dana dari hasil investasi.

Namun, Windy menekankan, hasil investasi dari produk unitlink ini akan bergerak mengikuti kondisi pasar. Artinya naik dan turunnya keadaan pasar tentunya akan mempengaruhi hasil investasi yang didapatkan.

"Jika nantinya (hasil investasi) terbentuk bisa menjadi penolong ketika keuangan sedang tidak baik, atau pada saat memasuki masa pensiun," kata Windy.

Asuransi unit link sejatinya memiliki persamaan mendasar dengan asuransi jiwa murni, yaitu melindungi nasabah dan keluarga dari berbagai risiko finansial. Sehingga, asuransi unit link tidak tepat jika tujuannya hanya untuk mencari keuntungan finansial saja.

Windy mengingatkan ilustrasi investasi tidak bisa dijamin, karena tergantung pada kondisi ekonomi lokal dan global. Asuransi unit link menawarkan kemudahan untuk memiliki proteksi sekaligus investasi sehingga cocok untuk nasabah yang belum terbiasa berinvestasi sendiri.

Sebelum memilih produk asuransi unitlink, ada baiknya calon nasabah mempelajarinya terlebih dahulu termasuk istilah-istilah yang ada di dalamnya. Mengutip keterangan resmi Astra Life, berikut 8 istilah penting yang perlu dipahami sebelum memiliki unit link.

Topik Menarik