Cara Memulai Trading Kripto untuk Pemula, Jangan Terjun Dulu Bila Belum Paham

Cara Memulai Trading Kripto untuk Pemula, Jangan Terjun Dulu Bila Belum Paham

Ekonomi | inewsid | Kamis, 3 Februari 2022 - 13:59
share

JAKARTA, iNews.id - Cara memulai trading kripto untuk pemula tampaknya harus benar-benar diketahui bagi mereka yang belum pernah berkecimpung dalam dunia transaksi digital. Dasar pemahaman terkait trading kripto atau perdagangan kripto sangat penting bagi yang belum pernah memulainya.

Trading kripto bisa terkesan sangat kompleks dan membingungkan bagi pemula. Pasalnya, trading kripto melibatkan berbagai komponen, pengetahuan, dan strategi. Oleh sebab itu, banyak faktor dan langkah-langkah spesifik yang harus dilakukan.

Pengetahuan yang luas tentang mata uang kripto, pertukaran, keamanan, dan semua yang komponen serta jam terbang terkait dengan trading kripto perlu disebelum menginvestasikan waktu dan uang di sini.

Oleh karena itu, langkah-langkah umum dan cara memulai trading kripto untuk pemula perlu diketahui.

Apa itu trading kripto?

Dikutip dari Blockchain Council, trading kripto adalah transaksi melibatkan pembelian dan penjualan mata uang kripto dengan menggunakan platform atau bursa kripto. Beberapa platform trading kripto paling populer adalah Coinbase, Binance, CoinDCX.

Pemahaman dasar trading kripto adalah guna mencapai hasil yang menguntungkan selama periode waktu tertentu. Namun, trading kripto sangatlah berbeda dengan investasi. Kemampuan mengamati grafik pasar dan spekulasi sangatlah penting dalam trading kripto.

Secara sederhana, konsep trading ialah untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu (singkat). Hal itu jelas berbeda dengan investasi yang lebih cenderung untuk menjaga aset dalam jangka panjang, sebagai contoh adalah saham.

Trading berkaitan dengan fluktuasi waktu yang singkat. Oleh sebab itu, memahami pasar secara harian sangat penting dilakukan. Dianjurkan pula untuk emahami tren pasar dan tren harga jangka pendek jika ingin untung dalam trading kripto. Atau dengan kata lain adalah membeli di harga rendah dan menjual dengan harga tinggi.

Cara trading kripto bagi pemula

Untuk pemula, sangat penting mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk melakukan trading kripto. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

1. Pahami Cara Kerja Pasar Kripto

Sebagai pemula, langkah pertama adalah mempelajari cara kerja pasar kripto. Berbeda dengan pasar keuangan, pasar aset kripto bersifat terdesentralisasi. Artinya, pasar kripto beroperasi melalui sistem pemeriksaan transaksi secara peer-to-peer, bukan server pusat, dan yang paling utama dan menjadi ciri khas, pasar aset kripto sangatlah fluktuatif.

2. Tentukan Bursa Kripto

Setelah memahami dasar dan cara kerja pasar, Anda bisa langsung menentukan bursa kriptocurrency terbaik. Ada banyak bursa mata uang kripto. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah Kraken, CoinDCX, Geminidan, Coinbase, Binance, dan masih banyak lagi.

Kemudian, Anda perlu membuat akun kripto di bursa aset kripto yang terdaftar. Langkah ini bisa dikatakan mirip dengan membuka rekening saham.

3. Dana Akun (Modal)

Setelah membuat akun di salah satu bursa kripto, langkah selanjutnya adalah mendanai akun Anda. Gunakan kartu debit dan wire transfer. Anda dapat dengan mudah menambahkan uang ke dompet digital Anda.

Selain itu, wire transfer adalah salah satu opsi termurah untuk mendanai akun Anda. Bursa kripto seperti Coinbase dan Gemini menyediakan wire transfer secara gratis.

4. Pilih Kripto

Ada banyak aset kripto yang bisa dipilih. Namun, yang paling populer di kalangan trader saat ini adalah bitcoin dan ethereum. Alasannya karena lebih dapat diprediksi daripada lainnya. Namun, altcoin juga mengalami kenaikan sekitar 1.000 persen hanya dalam sebulan, sehingga bisa menjadi pilihan lain.

5. Pilih Strategi

Cara memulai trading kripto untuk pemula adalah memilih strategi trading. Menentukan strategi adalah langkah penting dalam trading kripto. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan indikator perdagangan dengan analisis fundamental dan teknis yang benar, Anda dapat mencapai keuntungan yang besar dalam trading kripto. Namun, jika Anda seorang pemula, disarankan untuk mengikuti kursus trading kripto dan menjadi ahli.

6. Pantau Kondisi Pasar

Pasar aset kripto beroperasi selama 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Artinya, Anda tidak dapat menentukan waktu terbaik untuk melakukan trading karena perubahan harga dapat terjadi kapan saja.

Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa Anda perlu mengetahui kondisi pasar setiap saat. Terutama pergerakan dari kriptocurrency yang Anda bidik.

Terlebih, zona waktu di seluruh dunia bervariasi. Itulah mengapa pasar akan selalu aktif di suatu tempat.

7. Simpan Kripto dengan Aman

Penting untuk menyimpan kripto di tempat aman. Untuk itu, Anda bisa memilih dompet digital, dapat berupa perangkat lunak atau perangkat keras. Dompet perangkat keras diyakini lebih memberikan keamanan yang lebih baik.

Topik Menarik