Digital Test House Terbesar di ASEAN Ada di Depok, Diresmikan Jokowi

Digital Test House Terbesar di ASEAN Ada di Depok, Diresmikan Jokowi

Berita Utama | depok.inews.id | Rabu, 8 Mei 2024 - 09:31
share

DEPOK, iNews Depok.id - Presiden Joko Widodo secara resmi meresmikan Indonesia Digital Test House, sebuah laboratorium canggih yang dimiliki oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika di Depok.

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan ucapan syukurnya Indonesia memiliki Digital Test House terbesar dan di Asia Tenggara.

"Saya bersyukur sekarang kita memiliki Indonesia Digital Test House, pusat pengujian perangkat yang berstandar internasional yang tadi telah disampaikan oleh Menteri Kominfo, terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Dan ini akan menjadi pusat sertifikasi perangkat digital terdepan di kawasan," kata Jokowi di Depok (7/5).

Dibangun dengan investasi sebesar Rp 1 triliun, Indonesia Digital Test House hadir sebagai jawaban atas kebutuhan akan pengujian dan pengembangan produk-produk digital secara komprehensif.

"Karena memang untuk membangun ini anggaran yang digunakan hampir Rp1 triliun kurang dikit. Saya tadi tanya habis berapa ini, Rp980 miliar," kata Jokowi.

Fasilitas ini dilengkapi dengan perangkat-perangkat canggih dan infrastruktur terkini, mencakup berbagai ruang uji coba untuk teknologi telekomunikasi handphone, laptop, dan radar.

"Sebelum dipasarkan, diuji di sini untuk memastikan standar keamanan, memastikan standar kesehatan, dan standar untuk keselamatan masyarakat pengguna perangkat-perangkat digital ini dapat terpenuhi," kata Jokowi.

Dengan fasilitas ini, diharapkan tidak hanya memastikan bahwa produk-produk digital tersertifikasi namun juga dapat mendorong inovasi, dan memperkuat ekosistem teknologi digital lokal.  

Topik Menarik