Peringatan Hari Pemadam Kebakaran Sedunia Untuk Menghargai Jasa Para Pemadam

Peringatan Hari Pemadam Kebakaran Sedunia Untuk Menghargai Jasa Para Pemadam

Terkini | depok.inews.id | Minggu, 5 Mei 2024 - 10:31
share

DEPOK, iNewsDepok.id - Setiap tanggal 4 Mei setiap tahunnya seluruh pemadam kebakaran di dunia merayakan Hari Pemadam Kebakaran Internasional atau International Firefighter's Day

Melansir dari unggahan RRI, diketahui bahwa hari ini ditetapkan untuk menghormati jasa-jasa para pemadam khususnya yang menjadi korban dalam proses pemadaman.

Hari pemadam kebakaran ini juga dikaitkan dengan hari raya St.Florian, Santo pelindung semua petugas pemadam kebakaran. St. Florian adalah komandan pertama regu pemadam kebakaran di Kekaisaran Romawi. Dia kehilangan nyawanya dan juga rekan-rekannya karena melindungi ide-ide kemanusiaan yang sama yang dimiliki oleh petugas pemadam kebakaran di seluruh dunia hingga saat ini.

Ada simbol khusus yang digunakan pada peringatan Hari Pemadam Kebakaran Internasional ini, yaitu pita berwarna biru dan merah. Warna ini dipilih oleh JJ Edmondson, tokoh pemadam kebakaran dari IFFD. Diketahui warna merah untuk api, dan biru untuk air. Warna-warna ini juga diakui secara internasional mewakili layanan darurat.

Salah satu cara yang digunakan sebagai simbol penghormatan adalah dengan adanya "Sound Off". "Sound Off" merupakan waktu spesial untuk berhenti dan merenungkan pengorbanan yang dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran.

Dengan adanya Hari Pemadam Kebakaran Sedunia diharapkan bisa menjadi momentum untuk menghargai jasa para pemadam.

Topik Menarik