Aksi Buruh Diharapkan Tak Ditunggangi Kelompok Perusuh Anarko

Aksi Buruh Diharapkan Tak Ditunggangi Kelompok Perusuh Anarko

Terkini | depok.inews.id | Selasa, 30 April 2024 - 14:11
share

JAKARTA, iNewsDepok.id - Aliansi buruh yang tergabung dalam sejumlah organisasi akan menggelar unjuk rasa atau demonstrasi pada aksi Hari Buruh atau Mayday, Rabu (1/5/2024) esok.

Para buruh tersebut akan turun ke jalan untuk menuntut pencabutan Undang-Undang (UU) Kesehatan, UU Cipta Kerja, UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK), dan mewujudkan Jaminan Sosial Sepanjang Hayat.

Pimpinan aksi damai buruh, Arif Minardi mengatakan, peserta aksi minimal datang dari tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten ditambah perwakilan dari beberapa provinsi. Bahkan, aksi yang sama juga dilakukan secara serentak di sejumlah daerah.

"Kami minta seluruh pekerja yang melakukan aksi untuk menjunjung tinggi nilai-nilai budaya aman dan damai," kata Arif, Selasa (30/4/2024)

Arif juga mengatakan, aksi buruh ini merupakan gerakan moral dalam memperjuangkan hak buruh, sehingga untuk para pendemo diimbau agar tetap waspada dengan adanya gerakan yang dapat merusak perjuangan.

Salah satunya adalah kelompok anarko yang mana selalu memanfaatkan aksi buruh dengan menyusup ke dalam demo untuk provokasi anarkis.

"Ini merupakan gerakan moral dalam memperjuangkan hak buruh, sehingga diimbau agar tetap waspada dengan adanya gerakan yang dapat merusak perjuangan para buruh," ujarnya.

Arif menambahkan, gerakan anarko yang menyusup dipastikan bakal merusak jalannya aksi demonstrasi yang damai. Terlebih gerakan tersebut tidak murni mendukung perjuangan buruh dan keberadaannya cenderung merusak citra dan perjuangan hak para buruh.

Topik Menarik