Berita Foto! Anak-Anak Muda Pecinta Kereta Api Bantu Arus Mudik Lebaran di Stasiun

Berita Foto! Anak-Anak Muda Pecinta Kereta Api Bantu Arus Mudik Lebaran di Stasiun

Terkini | demak.inews.id | Kamis, 18 April 2024 - 09:50
share

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Anak-anak muda pecinta kereta api yang tergabung dalam Komunitas Railfans membantu kelancaran arus mudik di sejumlah stasiun. Mereka melaksanakan posko pelayanan pelanggan di 5 stasiun wilayah Daop 4 Semarang, yakni Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Cepu.

Para remaja usia pelajar SMP-mahasiswa itu turut membantu melayani penumpang kereta api di stasiun. Mereka memberikan informasi kedatangan dan keberangkatan kereta api, mengarahkan penumpang menuju ruang tunggu, membantu penumpang melakukan cetak tiket kereta api, hingga membantu penumpang lansia maupun penumpang berkebutuhan khusus di stasiun.

Komunitas Railfans sering melakukan banyak kolaborasi sosial bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk peningkatan pelayanan, keamanan, dan kenyamanan kepada para pelanggan KA maupun masyarakat secara umum. Termasuk dalam masa Posko Angkutan Lebaran Tahun 2024 selama 12 hari yaitu H-5 s.d H+5 Lebaran atau dari Jumat 5 April sampai dengan Selasa 16 April 2024.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para Komunitas Railfans. Mereka telah berpartisipasi dalam melayani para pelanggan kereta api selama masa arus mudik maupun arus balik angkutan lebaran tahun 2024.

“Mereka secara sukarela ingin turut berkontribusi melayani masyarakat di stasiun dengan memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan kereta api di stasiun selama masa posko berlangsung,” terang Franoto.

Adapun komunitas yang membantu pelayanan penumpang selama posko di Daop 4 Semarang ada 4 komunitas yang meliputi Komunitas Railfans Daop Empat (KRDE), Komunitas Railfans Tegal, Komunitas Railfans Pekalongan dan Komunitas Railfans Cepu dengan jumlah anggota komunitas yang terlibat sebanyak 38 anggota.

Dalam menjalankan tugasnya tersebut, para anggota Komunitas Railfans berkoordinasi dan berkomunikasi secara langsung dengan kepala stasiun dan petugas keamanan stasiun. Komunikasi di antaranya berisi tentang informasi jam kedatangan, informasi apabila ada kereta api yang mengalami keterlambatan, informasi perubahan jalur yang akan melayani kereta api, dan masih banyak lagi.

Selain pelayanan penumpang selama posko, Komunitas Railfans juga kerap berkolaborasi dengan KAI dalam kegiatan positif lainnya, salah satunya yaitu sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang. Dalam kegiatan tersebut, Komunitas Railfans mensosialisasikan pentingnya disiplin lalu lintas khususnya saat melewati perlintasan sebidang untuk terciptanya keselamatan perjalanan kereta api.

“Semoga sinergi dan kolaborasi antara KAI dengan Komunitas Pecinta Kereta Api dapat terus berlanjut untuk memberikan manfaat positif bagi seluruh masyarakat secara umum dan pelanggan kereta api secara khusus,” tutup Franoto.

Topik Menarik