Wali Kota Helldy Kampanyekan Lingkungan Bersih, Cilegon Tuan Rumah Peringatan Hari Air Sedunia

Wali Kota Helldy Kampanyekan Lingkungan Bersih, Cilegon Tuan Rumah Peringatan Hari Air Sedunia

Terkini | cilegon.inews.id | Jum'at, 19 April 2024 - 10:31
share

CILEGON, iNews Cilegon.id Cilegon akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Air Sedunia (World Water Day) yang akan berlangsung 30 April 2024. Kesempatan itu akan digunakan Wali Kota Helldy Agustian untuk mengkampanyekan praktik minum air yang lebih sehat lingkungan yang lebih bersih berkelanjutan.

Peringatan Hari Air Sedunia merupakan kolaborasi Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI), dan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI).

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menegaskan Pemkot Cilegon akan praktik minum air yang lebih sehat dan memperjuangkan lingkungan yang lebih bersih berkelanjutan.

Air itu adalah kehidupan, sangat penting peranannya bagi umat manusia, kata Helldy, Kamis (18/4/2024).

Kampanye tersebut akan dilakukan dengan aneka cara termasuk video edukasi tentang konsumsi air minum sehat dan aman menggunakan botol reusable di media sosial.

"Dalam kesempatan ini saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama kita cetak sejarah dan inspirasi untuk generasi mendatang. Mari jadi yang pertama dalam perubahan positif," ajak Helldy.

Helldy berharap kegiatan tersebut diharapkan memecahkan rekor dunia Musium Rekor Republik Indonesia (MURI) 2024.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Cilegon Agus Zulkarnain menjelaskan, aksi pemecahan rekor akan berlangsung mulai 17-28 April 2024. Peserta diharapkan dapat berkontribusi dengan membuat, merekam, dan membagikan sebanyak-banyaknya video edukasi di berbagai platform media sosial, seperti Instagram, TikTok, YouTube Shorts, Twitter, dan Facebook.

"Video-video ini akan menjadi sarana penting untuk mengedukasi tentang pentingnya konsumsi air minum sehat dan aman dari botol reusable," jelas Agus.

Penganugerahan rekor MURI ini rencananya dilaksanakan pada Selasa, 30 April 2024, di Alun-alun Kota Cilegon. "Ini adalah momen bersejarah yang melibatkan kolaborasi lintas sektor yang kuat dalam memajukan kesehatan lingkungan, yang melibatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat, akademisi, media, dan pelaku usaha," tambah Agus.

Dikatakan, tema yang diusung pada Peringatan Hari Air Sedunia ini adalah "Water for Peace". Tema tersebut menandakan pentingnya air dalam menjaga perdamaian dan membangun kemitraan di antara semua pihak.

"Partisipasi aktif masyarakat dalam aksi pemecahan rekor dunia MURI ini bukan hanya merupakan langkah konkret Pemkot Cilegon, tetapi juga sebuah komitmen nyata dalam mendukung misi global untuk menjadikan air minum aman tersedia bagi semua orang," paparnya.

Topik Menarik