4 Fakta Kenaikan Gaji PNS di 2024

4 Fakta Kenaikan Gaji PNS di 2024

Nasional | BuddyKu | Minggu, 11 Juni 2023 - 03:21
share

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan akan ada kenaikan gaji PNS di 2024 dan rinciannya akan diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi pada 16 Agustus. Gaji PNS akan disampaikan dalam penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) APBN tahun 2024.

Adapun terkait besarannya masih diperhitungkan secara detail dan juga nantinya akan diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi.

Dirangkum Okezone, Minggu (11/6/2023) berikut ini fakta-fakta terbaru kenaikan gaji PNS di 2024.

1.Masih dalam pembahasan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan saat ini rencana usulan kenaikan gaji PNS masih dalam pembahasan bersama Kementerian Keuangan untuk membahas rancangan lebih rinci.

Belum, kita sedang exercise bersama Kementerian Keuangan, ujar Menpan RB tersebut.

2.Diatur dalam PP ASN

Abdullah Azwar Anas juga mengungkapkan bahwa kenaikan gaji PNS nantinya akan tertuang dalam Peraturan Pemerintah Aparatur Sipil Negara (PP ASN). Tak hanya itu, PP tersebut juga akan membahas lebih rinci mengenai tunjangan kinerja (tukin) bagi ASN.

3.Aturan tukin

Adapun untuk aturan mengenai tukin bagi ASN akan diberikan secara berbeda berdasarkan capaian kinerja masing - masing ASN.

"Kita ingin menyatukan dalam PP ASN yang masuk ke dalam PP manajemen ASN. Jadi selama ini kan tukin itu sama, kita berharap sih usul ada kenaikan gaji tetapi nanti tukin akan diseleksi. Bagi mereka yang kerja tentu dapat yang banyak. Kita sedang exercise ini bersama Kemenkeu," ujar Anas.

4.Kenaikan gaji sebagai target prioritas pengembangan SDM

Anas mengatakan bahwa kenaikan gaji ini sesuai dengan target prioritas Presiden Jokowi yang saat ini tengah berfokus untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Kita sedang hitung mumpung sekarang target prioritas presiden terkait dengan SDM dan penyederhanaan birokrasi. Kalau tahun kemarin karena targetnya infrastruktur jadi ada ribuan triliunan anggaran untuk infrastruktur. Sekarang Bapak Presiden kan concernnya luar biasa untuk pengembangan SDM," ujarnya.

Topik Menarik