Filipina Evakuasi Paksa Warga Dekat Gunung Berapi Mayon

Filipina Evakuasi Paksa Warga Dekat Gunung Berapi Mayon

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 9 Juni 2023 - 19:31
share

Militer, polisi, dan petugas penyelamat mulai mengevakuasi penduduk secara paksa di kawasan-kawasan dekat Gunung Mayon, Filipina, pada hari Jumat (9/6). Peningkatan aktivitas gunung berapi belakangan ini mengindikasikan letusan hebat mungkin terjadi dalam beberapa minggu atau hari mendatang.

Area dalam radius 6 kilometer dari kawah Mayon -- salah satu gunung berapi paling aktif di negara itu -- seharusnya terlarang karena kemungkinan adanya emisi vulkanik, aliran lahar, batu jatuh, dan bahaya lainnya. Tetapi, banyak penduduk desa yang miskin telah membangun rumah dan bertani di zona bahaya Mayon selama bertahun-tahun.

Presiden Ferdinand Marcos Jr. mengatakan evakuasi penduduk dari zona bahaya permanen sedang berlangsung dan berjanji akan memberikan bantuan kepada para pengungsi sampai krisis berakhir.


Penduduk menyaksikan gunung berapi Mayon memuntahkan abu di tempat wisata dekat reruntuhan Cagsawa di Daraga di Provinsi Albay, selatan Manila (Foto: AFP)

"Saat ini, apa yang kami lakukan adalah mempersiapkan dan memindahkan orang-orang dari daerah tersebut sehingga, jika waktunya tiba, saya harap itu tidak terjadi, kami siap," kata Marcos kepada wartawan. Tapi sayangnya sains memberi tahu kita bahwa itu mungkin terjadi karena lavanya perlahan naik.

Pihak berwenang telah menaikkan tingkat siaga untuk gunung berapi di provinsi Albay, Filipina Timur Laut, itu Kamis setelah aliran gas, puing-puing dan batu yang sangat panas keluar menuruni lereng atasnya -- menunjukkan aktivitas di bawah permukaan yang biasanya mendahului letusan berbahaya.

Kondisi gunung itu pada hari Jumat memburuk, meskipun lava belum mulai mengalir, kata Marcos.

Topik Menarik