Rohingya Protes di Bangladesh, Tuntut Repatriasi ke Myanmar

Rohingya Protes di Bangladesh, Tuntut Repatriasi ke Myanmar

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 23:45
share

Puluhan ribu pengungsi Rohingya di Bangladesh, Kamis (8/6) berunjuk rasa, menuntut untuk direpatriasi ke Myanmar, sehingga mereka dapat meninggalkan kamp-kamp kumuh yang telah mereka tinggali sejak melarikan diri dari penindakan keras militer yang brutal di tanah air mereka pada tahun 2017.

Lebih dari satu juta orang Rohingya dijejalkan di kamp-kamp di Bangladesh Tenggara, permukiman pengungsi terbesar di dunia. Sebagian besar dari mereka melarikan diri dari tindakan militer Myanmar hampir enam tahun silam, meskipun sebagian dari mereka telah lebih lama berada di sana.

Selama demonstrasi hari Kamis di kamp-kamp itu, para pengungsi, tua dan muda, melambai-lambaikan poster dan menyerukan berbagai slogan.

Poster-poster itu bertulisan "Tak ada lagi kehidupan pengungsi. Tak ada lagi verifikasi. Tak ada pemeriksaan. Tak ada wawancara. Kami menginginkan Repatriasi segera melalui kartu data UNHCR. Kami ingin kembali ke tanah air kami. Poster lainnya bertulisan, "Ayo kembali ke Myanmar. Jangan berusaha hentikan repatriasi.

Topik Menarik