Plus Minus Bisnis Ketok Magic dan Modal yang Dibutuhkan

Plus Minus Bisnis Ketok Magic dan Modal yang Dibutuhkan

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 15:56
share

Memperbaiki mobil di bengkel sudah pasti mahal, apalagi untuk kerusakan besar. Namun, biaya perbaikan jauh lebih hemat apabila kamu membawanya ke ketok magic. Selain hemat, prosesnya juga cepat dan hasilnya memuaskan.

Dilihat dari namanya, proses pengerjaan ketok magic serasa menggunakan kekuatan gaib atau sulap. Padahal prosesnya pure menggunakan tangan manusia. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang ketok magic, simak informasi berikut ini.

Asal Mula Bisnis Ketok Magic

Ketok Magic untuk Kerusakan Body Mobil

Ketok magic merupakan salah satu jasa reparasi plat body kendaraan dengan harga yang murah meriah, karena kecelakaan atau terkena benturan kendaraan lain. Istilah ketok magic diberikan oleh seorang pandai besi asal Blitar, bernama Mbah Turut. Ia sehari-hari bekerja sebagai tukang patri keliling di Surabaya.

Suatu hari, Mbah Turut dipercaya untuk memperbaiki mobil salah satu pelanggannya yang rusak karena ditabrak truk. Mbah Turut meminta pelanggan untuk meninggalkannya sendirian di dalam garasi mobil tertutup dengan kondisi mobil yang ditutupi dengan terpal juga. Tak lama kemudian, mobil selesai diperbaiki dengan hasil yang memuaskan.

Sejak saat itu, keahlian Mbah Turut dalam memperbaiki mobil penyok tersiar di desa-desa di Blitar, Surabaya. Kendaraan yang harus direparasinya pun semakin banyak seiring berjalannya waktu. Hingga akhirnya Mbah Turut memiliki murid untuk membantunya mereparasi mobil.

Sepeninggal Mbah Turut di tahun 1982, sudah banyak ilmu reparasi mobil yang diajarkan kepada murid-muridnya. Namanya pun dijadikan sebuah jalan di Desa Bangsri, Blitar. Desa ini merupakan salah satu akses yang dilalui menuju kediaman dan bengkel kenteng teter Mbah Turut.

Sebelum dinamakan ketok magic, bisnis reparasi ini dinamakan kenteng teter karena menggunakan alat bernama teter dan lamak. Kedua alat ini merupakan lempeng besi yang terbuat dari baja. Teter berfungsi sebagai penahan ketukan dari depan plat mobil, sedangkan lamak berfungsi sebagai di bagian dalam atau belakang plat mobil.

Sekitar tahun 1980-an, bengkel kenteng teter mulai didirikan di Jakarta. Namun, karena banyak yang bingung dengan namanya, akhirnya bengkel kenteng teter berubah nama menjadi bengkel ketok magic. Sampai sekarang, nama inilah yang sering dipakai dan didengar oleh masyarakat luas.

Proses dan Cara Kerja Ketok Magic

Cara memperbaiki mobil menggunakan ketok magic terbilang unik. Sama sekali tidak menggunakan alat-alat canggih seperti perbaikan pada umumnya. Namun, hasilnya cukup memuaskan.

Meski demikian, ternyata proses perbaikan sama seperti proses perbaikan mobil lainnya. Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan selama perbaikan. Apa saja kira-kira?

  1. Tahap Analisis

    Sebelum perbaikan dimulai, kerusakan akan terlebih dahulu dianalisa untuk mengetahui tingkat kerusakan. Bagian mana saja yang penyok, tergores, dan butuh penanganan yang lebih berat. Setelah dianalisa, maka ditentukan penanganan yang sesuai agar kondisi mobil kembali seperti semula.

    Langkah demi langkah pun akan dilakukan dalam proses perbaikan. Setelah itu, mobil akan dimasukkan ke tempat khusus untuk menjalani proses reparasi. Waktu perbaikan berbeda-beda, tergantung dari tingkat kerusakan mobilnya.

  2. Menentukan Lokasi Perbaikan Kendaraan

    Memperbaiki mobil biasanya bisa dilakukan di mana saja, tapi tidak dengan ketok magic. Perbaikan dilakukan di tempat khusus agar prosesnya berjalan lancar. Tak heran sebelum memulai perbaikan, lokasi perbaikannya perlu ditentukan terlebih dahulu.

    Tempat yang dipilih harus nyaman, sehingga tidak mengganggu fokus pekerja selama proses perbaikan. Karena tak suka diawasi, termasuk oleh pemilik mobil, para pekerja biasanya meminta untuk ditinggalkan sendirian. Setelah selesai diperbaiki, maka pemilik akan disuruh untuk melihat hasilnya.

  3. Proses Pengerjaan

    Reparasi sekarang menggunakan alat-alat canggih dengan proses pengerjaan yang canggih pula. Namun, hal ini tidak berlaku untuk bengkel ketok magic. Proses pengerjaan menggunakan cara tradisional dengan alat-alat tradisional pula.

    Peralatan yang digunakan biasanya berupa alat pencapit khusus, martil, las, kawat, paintless dent removal , dan hair dryer . Penggunaan hair dryer biasanya untuk mobil penyok yang body -nya akan dipanaskan agar lebih fleksibel atau lentur. Prosesnya berlangsung cepat, yaitu sehari semalam saja.

  4. Proses Pengecatan

    Setelah body mobil kembali seperti semula, maka tahap selanjutnya adalah proses pengecatan. Kondisi mobil dipastikan benar-benar sempurna seperti sedia kala, tidak menyisakan penyok sedikit pun. Proses pengecatan akan dimulai dengan pendempulan atau pengampelasan untuk memastikan permukaan mobil sudah rata secara keseluruhan.

    Setelah itu, barulah proses pengecatan dimulai. Cat yang dipilih biasanya disesuaikan dengan warna asli mobil. Dibutuhkan keahlian khusus untuk memilih dan mencampurkan cat mobil agar bisa serupa seperti cat aslinya.

  5. Finishing

    Langkah terakhir yang dilakukan oleh pekerja bengkel ketok magic adalah proses finishing. Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa hasil pengecatan benar-benar bersih, rata, dan sesuai dengan permukaan mobil yang sesungguhnya. Sebelum akhirnya mobil diserahkan kembali kepada pemilik aslinya.

    Proses finishing dimulai dengan membersihkan area yang sudah dicat. Ada cairan khusus yang biasanya digunakan untuk memoles seluruh permukaan mobil. Alhasil, permukaan mobil kelihatan mengkilap sempurna seperti sedia kala.

Biaya Ketok Magic

Dibandingkan dengan bengkel resmi atau bengkel lainnya, biaya ketok magic relatif lebih murah. Biayanya berkisar Rp300.000 sampai Rp550.000 per panel, sesuai dengan tingkat kerusakannya. Sementara untuk perbaikan ringan, seperti bumper, biaya yang dikeluarkan sebesar Rp150.000 sampai Rp250.000.

Bengkel ketok magic bisa ditemukan di berbagai wilayah di Jakarta. Harga yang dikenakan oleh masing-masing bengkel berbeda. Jadi, pastikan kamu sudah cari tahu terlebih dahulu sebelum datang ke bengkel ketok magic-nya.

Modal Bisnis Ketok Magic yang Dibutuhkan

Mengingat alat-alat yang digunakan cukup sederhana, maka modal bisnis ketok magic bisa dikatakan terjangkau. Estimasinya sekitar Rp20.000.000 untuk biaya peralatan, sewa tempat, dan gaji 2 orang karyawan per bulan. Apabila kamu ingin mendirikan bisnis yang lebih besar, modalnya otomatis lebih besar.

Bisnis ketok magic bisa dikatakan cepat balik modal. Dengan syarat tempatmu selalu ramai didatangi pelanggan, ya! Estimasi omzet yang bisa didapatkan mencapai Rp75.000.000 sampai Rp150.000.000 per bulan.

Tips Membuka Bisnis Ketok Magic

Melihat keuntungan yang didapatkan, apakah kamu jadi tertarik membuka bisnis ketok magic? Meski terlihat mudah, terdapat beberapa tips yang perlu dilakukan agar bisnis berjalan lancar. Tips-tips tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan Modalnya Terlebih Dahulu

    Bisnis apapun pasti membutuhkan modal yang besar kecilnya tergantung bisnisnya. Untuk bisnis ketok magic, kamu bisa siapkan modal awal sebesar Rp20.000.000. Tentu dengan skala usaha kecil-kecilan.

    Jika skala usaha lebih besar dan target pasarnya adalah orang-orang berduit, modal yang dibutuhkan bisa sampai dua kali lipat. Sebab, tenaga montir yang dipekerjakan otomatis lebih handal. Di sisi lain, kamu juga harus menyediakan pelayanan dengan kenyamanan maksimal agar pelanggan puas dengan bengkel milikmu.

  2. Pilih Lokasi yang Tepat

    Berhasil atau tidaknya suatu bisnis tak lepas dari pengaruh lokasi. Hal ini juga berlaku untuk bisnis ketok magic. Sebaiknya pilih lokasi yang strategis, yaitu lokasi yang sering dilalui banyak kendaraan.

    Agar bisnismu diketahui para pengendara yang lewat, kamu bisa buat baliho atau spanduk yang besar. Jika ditambah dengan promosi yang tepat, dijamin bisnis pasti laris manis. Kamu tinggal asah kesabaran saja, menunggu bisnismu dikenal banyak orang.

  3. Gunakan Strategi Bisnis yang Tepat

    Tips terakhir adalah gunakan strategi bisnis yang tepat. Tidak hanya dengan memasang iklan atau buat spanduk, tapi juga dengan memberi berbagai promo menarik bagi para pelanggan. Misalnya, potongan harga Rp50.000 untuk reparasi pertama atau potongan harga Rp100.000 untuk reparasi ketiga, dan lain sebagainya.

    Intinya, jangan sampai salah menentukan strategi bisnis. Kesalahan sekecil apapun akan menimbulkan dampak bagi keberlangsungan bisnis. Maka dari itu, pikirkanlah strategi ini baik-baik sebelum membuka bisnis ketok magic.

Murah, Cepat, dan Memuaskan

Ketok magic adalah salah satu cara reparasi yang ampuh untuk memperbaiki mobil penyok. Selain harganya murah, proses perbaikan juga terbilang cepat dengan hasil yang memuaskan. Jika suatu saat kamu butuh reparasi besar, kamu bisa pergi ke salah satu bengkel ketok magic terbaik di kota tempat tinggalmu.

Sementara jika kamu ingin membuka bisnis ketok magic, pastikan kamu dan para montir menguasai cara reparasi yang baik dan benar. Dengan demikian, bengkel milikmu bisa bersaing dengan bengkel ketok magic lainnya. Semoga informasinya bermanfaat!

Topik Menarik