Doa Ketika Turun Hujan Dalam Bahasa Arab Lengkap Dengan Artinya

Doa Ketika Turun Hujan Dalam Bahasa Arab Lengkap Dengan Artinya

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 00:13
share

Hujan merupakan salah satu anugerah Allah SWT yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Sehinggaketika hujan turun, dianjurkan untuk berdoa. Dalam artikel ini akan diulas beberapa doa ketika hujan.

Dalam Islam, hujan juga memiliki makna spiritual yang dalam. Lewat doa-doa yang dipanjatkan ketika hujan turun, selain agar hujan yang turunmenjadi berkah juga menjadi sarana untuk kita berkomunikasi dengan Allah SWT dan memohon pertolongan-Nya.

Ketika hujan turun, hendaknya kita dapat mengucapkan doa-doa ini dengan penuh keikhlasan. Semoga doa-doa ini membawa manfaat dan mendapatkan ridha Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa dibacaketika turun hujan dalam bahasa Arab lengkap dengan artinya:

1. Doa Ketika Hujan Turun

Doa pertama yang dapat kita panjatkan saat hujan turun adalah:

Arab-latin: \'Allahumma shoyyiban nafi\'an\'.

Artinya: Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat.

Doa ini diambil dari hadits Bukhari nomor 1032, yang diriwayatkan oleh Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu \'anha. Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah SWT agar hujan yang turun memiliki manfaat yang baik bagi kita.

2. DoaKetika Hujan Lebat

Ketika hujan turun dengan lebat, kita bisa mengucapkan doa berikut:

,

Arab-latin: Allahumma haawalaina wa laa \'alaina. Allahumma \'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.

Doa ini diambil dari Hadis Riwayat Bukhari. Dalam doa ini, kita memohon agar hujan yang turun tidak menyebabkan kerusakan, melainkan memberikan keberkahan bagi alam sekitar.

3. Doa Ketika Hujan Dan Angin Kencang

Ketika hujan disertai angin kencang, kita dapat mengucapkan doa berikut:

Arab-Latin: Allaahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a\'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih

Artinya: Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.

Doa ini diambil dari salah satu hadits Imam Muslim. Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah SWT agar hujan yang turun membawa kebaikan dan menjauhkan kita dari segala bentuk kejahatan yang mungkin terjadi selama hujan dan angin kencang.

4. Doa ketika Hujan Dan Petir

Ketika hujan diawali atau disertai petir, kita bisa mengucapkan doa berikut:

Arab-latin: Subhaanalladzii yusabbihur ro\'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih

Artinya: Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.

Doa ini diambil dari hadis Imam Malik. Dalam doa ini, kita mengagungkan Allah SWT yang mahaagung dan memuji-Nya atas kekuasaan-Nya yang terlihat dalam kilat dan juga dihormati oleh para malaikat yang takut kepada-Nya.

5. Doa Meminta Hujan Berhenti

Ketika hujan terus-menerus dan kita membutuhkan hentinya, kita bisa mengucapkan doa berikut:

,

Arab-latin: Allahumma haawalaina wa laa \'alaina. Allahumma \'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.

Doa ini diambil dari riwayat hadis Bukhari. Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah SWT agar hujan yang turun menjadi berkah dan memberikan manfaat bagi kita, serta tidak menyebabkan kerusakan.

Topik Menarik