10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Bandung, Punya Banyak Pilihan Jurusan

10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Bandung, Punya Banyak Pilihan Jurusan

Nasional | BuddyKu | Senin, 5 Juni 2023 - 13:57
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Bukan hanya universitas negeri ternama, Kota Bandung juga memiliki deretan perguruan tinggi swasta yang cukup banyak diminati.

Ya, Kota Bandung yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Barat ini menjadi pilihan bagi mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan.

Biasanya, bagi mereka yang tidak diterima di universitas negeri di Bandung seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad), maka perguruan tinggi swasta menjadi pilihan terakhir dan terbaik.

Nah, berikut ini 10 perguruan tinggi swasta terbaik di Bandung yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Universitas Islam Bandung (Unisba)

Unisba perguruan tinggi swasta ini lahir pada 1958. Berawal pada 1957, sejumlah tokoh umat Islam Jawa Barat bersama beberapa ulama saat itu menjadi anggota Konstituate, menggagas kaderisasi pemimpin umat yang faqih fiddin di masa mendatang.

Pada tanggal 15 Nopember 1958, gagasan tersebut diwujudkan melalui pendirian Perguruan Islam Tinggi (PIT), di bawah Yayasan Pendidikan Islam dengan Akte Notaris Lie Kwie Nio, nomor 42. Pada tahun 2007 Yayasan Pendidikan Islam diubah dengan Akte Notaris Dadang Abdul Haris Kosidin, SH., Nomor 07, tertanggal 22 April 2007, menjadi Yayasan Universitas Islam Bandung (Yayasan Unisba).

Saat ini, Unisba memiliki 10 fakultas program S1, 6 fakultas S2, 2 fakultas S3, dan 3 fakultas program profesi. Kampus utama Unisba berada di Jalan Tamansari Nomor 1, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

2. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)

Unpar merupakan perguruan tinggi swasta yang berdiri pada 1955. Cikal bakal Unpar adalah pembentukan fakultas pertama pada 17 Januari 1955.

Pada hari itu didirikan Akademi Perniagaan oleh Keuskupan Bandung, sebagai hasil kerja sama antara uskup Bandung dan Bogor. Lalu pada Agustus 1955, Akademi Perniagaan tersebut ditingkatkan menjadi Perguruan Tinggi Sosio-Ekonomi Parahyangan yang sekarang menjadi Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan.

Kampus utama Unpar Bandung berada di Jalan Ciumbuleuit Nomor 94, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

3. Universitas Komputer Indonesia (Unikom)

Unikom Bandung merupakan perguruan tinggi swasta yang dikenal karena kerap menjuari kontes robot. Mahasiswa Unikom yang konsern terhadap teknologi robot mengukuti sejumlah kejuaraan robot antara pergruan tinggi dan kerap meraih kemenangan.

Unikom Bandung secara resmi berdiri pada hari Selasa 8 Agustus 2000 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 126/D/0/2000. Awalnya dimulai pada Juli 994 ketika didirikan Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman, disingkat LPKIG.

Saat ini, Unikom Bandung memiliki 6 fakultas dengan 23 program studi. Belasan ribu mahasiswa dari berbagai pelosok Tanah Air menimba ilmu di Unikom Bandung.

Kampus Unikom Bandung berada di Jalan Dipatiukur Nomor 112-116, Kelurahan Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

4. Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha berdiri pada 11 September 1965. Perguruan tinggi swasta (PTS) ini tumbuh menjadi kampus PTS terbaik di Jawa Barat.

Pada tahun 2020, Universitas Kristen Maranatha masuk Top 100 Universitas Terbaik di Indonesia. Universitas Maranatha memiliki 9 fakultas.

Antara lain, Fakultas Kedokteran Gigi, Hukum, Teknologi Informasi, Seni Rupa dan Desain, Teknik, Kedokteran, Psikologi, Bahasa dan Budaya, serta Bisnis. Kampus Universitas Kristen Maranatha berada di Jalan Surya Sumantri Nomor 65, Kelurahan Sukawarna, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung.

5. Universitas Islam Nusantara (Uninus)

Uninus saat kelahirannya bernama Universitas Nahdlatul Ulama (Unnu) pada 30 November 1959. Pada 15 April 1969 sesuai dinamika politik saat itu, bergabungnya Fakultas Hukum Universitas Ibnu Khaldun, Akademi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Tinggi Dakwah Islam, dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Bandung.

Nama Unnu diubah menjadi Universitas Islam Nusantara disingkat Uninus. Saat ini, Uninus memilik 7 fakultas.

Antara lain, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Agama Islam. Kampus Uninus berada di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 530, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung.

6. Universitas Langlangbuana

Unla Bandung merupakan perguruan tinggi swasta yang dimulai pada awal 1980 atas prakarsa beberapa purnawirawan Polri dan cendekiawan Unpad yang peduli terhadap pendidikan. Akhirnya, Kadapol VIII Langlangbuana Jabar (sekarang Polda Jabar) merestui pendirian Universitas Langlangbuana pada 1982.

Secara formal, Unla didirikan oleh Yayasan Pendidikan Tri Bhakti (YPTB). Sampai saat ini, Unla yang berkampus di Jalan Karapitan Nomor 116, Kelurahan Cikawao, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, memiliki 14 program studi S1, 4 program studi strata 2 (S2), da 1 program studi diploma III.

7. Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung

Itenas Bandung merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan dan dikelola Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi. Itenas pada awalnya merupakan akademi yang didirikan pada 14 Desember 1972 dengan nama Akademi Teknologi Nasional (Atenas).

Saat itu, Atenas terdiri atas jurusan Arsitektur, Sipil, Elektro, dan Teknik. Pada tahun 1984 Atenas berubah menjadi Itenas.

Hingga saat ini Itenas terus berkembang menjadi perguruan tinggi yang unggul di tataran nasional dan internasional. Pada 2019 Itenas masuk ke dalam 100 perguruan tinggi terbaik nonvokasi terbaik nasional dengan menduduki peringkat ke-70 berdasarkan klasterisasi kinerja perguruan tinggi oleh Kemenristekdikti.

Belum lama ini, Itenas kembali menjadi buah bibir setelah alumnus sekaligus dosen luar biasa Itenas, Aulia Akbar menjuarai desain logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Gambar pohon hayati yang dirancang Aulia Akbar dan tim dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi logi IKN Nusantara.

Kampus perguruan tinggi ini di Jalan PHH Mustofa Nomor 23, Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

8. Universitas Telkom (Tel-U)

Universitas Telkom atau Telkom University dikelola oleh Yayasan Pendidikan Telkom. Perguruan tinggi swasta ini berawal dari Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telkom pada 1990.

Seiring berjalannya waktu, STT Telkom berubah nama menjadi Telkom University (Tel-U) pada 2021. Saat ini, Universitas Telkom memiliki 7 fakultas.

Antara lain, Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kemudian, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, dan Fakultas Ilmu Terapan.

Kampus Universitas Telkom berada di Jalan Telekomunikasi 1, Terusan Buahbatu-Bojongsoang, Kelurahan Sukapura, Kec. Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

9. Universitas Pasundan (Unpas)

Unpas merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Tinggi (YPT) Pasundan dengan payung besar Paguyuban Pasundan. Kampus ini berdiri pada 14 November 1960 dan hingga saat ini telah menghasilkan lebih dari 70.000 lulusan.

Unpas Bandung memiliki enam fakultas S1 dengan berbagai program studi. Antara lain, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Seni dan Sastra, dan Fakultas Kedokteran.

Unpas Bandung juga menyelenggarakan program magister atau S2 dan doktoral atau S3. Bahkan, Unpas menggelar pendidikan program profesi guru dan dokter.

Kampus utama Unpas berada di Jalan Tamansari, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Tetapi Unpas juga memiliki kampus di Jalan Setiabudi, Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, dan Jalan Lengkong Besar, Kelurahan Cikawao, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung.

10. Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) Bandung

ULBI adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI). Sebelum berubah menjadi ULBI, perguruan tinggi ini sebelumnya bernama Poltekpos.

Pada 2013, Poltekpos Poltekpos mendirikan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (Stimlog). Pada 24 Mei 2022, menjadi Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) hasil merger Poltekpos dan Stimlog.

Kampus perguruan tinggi ini berada di Jalan Sariasih, Nomor 54, Kelurahan Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung. ULBI memiliki Fakultas Sekolah Vokasi yang menyelenggarakan program Ahli Madya dan Sarjana Terapan.

Program studi di Sekolah Vokasi ULBI antara lain, Program D3 (Ahli Madya) Manajemen Logistik, Manajemen Bisnis, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Akuntansi. Program S1 Terapan (Sarjana Terapan), antara lain, Logistik Bisnis, Manajemen Bisnis, Teknik Informatika, Akuntansi Keuangan, dan E-Commerce Logistics.

Selain itu, ULBI juga menggelar Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Topik Menarik