Prabowo Unggul pada Basis Gerindra-Golkar Versi IPI, Ganjar di PDIP-NasDem, Anies di PAN-Demokrat

Prabowo Unggul pada Basis Gerindra-Golkar Versi IPI, Ganjar di PDIP-NasDem, Anies di PAN-Demokrat

Nasional | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 20:21
share

FAJAR.CO.ID , JAKARTA Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei terbarunya yang dilakukan pada 26-30 Mei 2023 terkait pilpres 2024.

Pada simulasi 3 nama, Bacapres Gerindra Prabowo Subianto 38%, Bacapres PDI Perjuangan Ganjar 34.2%, dan Bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan 18.9%. Belum menjawab sekitar 8.8%.

Direktur Indikator Politik Indonesia (IPI), Burhanuddin Muhtadi memaparkan, pada simulasi tiga nama calon presiden, menurut pilihan partai, Prabowo unggul pada basis Gerindra, PKB, Golkar dan Perindo.

Ganjar unggul pada basis PDIP, NasDem dan PPP. Sementara Anies unggul pada basis PKS, PAN dan Demokrat, kata dia dalam keterangannya, Minggu, (4/6/2023).

Sementara simulasi tiga nama calon presiden menurut kinerja presiden, Ganjar dan Prabowo relatif berimbang pada kelompok warga yang puas atas kinerja Presiden, Ganjar sedikit unggul.

Sementara pada kelompok warga yang kurang puas Prabowo dan Anies relatif imbang, Prabowo sedikit unggul, tambahnya.

Diketahui, target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/call phone, sekitar 83% dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RODD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1230 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan + 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. (selfi/fajar)

Topik Menarik