Bosan Dibui, Navalny Minta Dikirimi Kangguru, Kumbang Hingga Kimono

Bosan Dibui, Navalny Minta Dikirimi Kangguru, Kumbang Hingga Kimono

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 15:37
share

Alexei Navalny, pemimpin oposisi paling tersohor Rusia, punya cara jitu mengusir kebosanan selama menjalani penahanan. Selama beberapa bulan, Navalny mengajukan berbagai permintaan yang nyeleneh kepada para sipir, mulai dari kimono, balalaika, kumbang, dan bahkan pernah meminta kangguru untuk dipelihara.

Keisengan Navalny kepada aparat hukum terungkap dari surat-surat berisikan permintaan itu yang dibagikannya.

Permintaan itu ditolak oleh lapas IK-6 dengan keamanan maksimum di Melekhovo, sekitar 250 km timur Moskow, menurut dokumen Rusia yang dia unggah secara online.

"Ketika Anda berada di sel hukuman dan tidak memiliki banyak hiburan, Anda selalu bisa menghibur diri dengan berkorespondensi dengan administrasi penjara," kata Navalny.


Politisi oposisi Rusia Alexei Navalny terlihat di layar melalui tautan video selama sidang pengadilan untuk mempertimbangkan klaimnya terhadap administrasi koloni hukuman di Kovrov, Rusia, 7 Oktober 2022. (Foto: REUTERS/Yulia Morozova)

Navalny sedang menjalani hukuman penjara 11,5 tahun atas sejumlah dakwaan, termasuk melakukan penipuan dan penghinaan pengadilan. Ia menyebut tuduhan tersebut dibuat-buat sebagai upaya untuk membungkamnya.

Surat-surat itu menunjukkan bahwa Navalny meminta berbagai macam barang yang tidak biasa, termasuk, sebotol minuman keras oplosan, alat musik tradisional Rusia balalaika, tongkat, dua kantong tembakau murah, kimono, dan ikat pinggang hitam.

Korespondensi tersebut juga mengungkapkan kondisi sistem penjara Rusia: Navalny meminta megafon untuk diberikan kepada narapidana yang sakit jiwa di sel seberang sehingga "dia bisa berteriak lebih keras. Dia juga meminta otoritas penjara memberikan sabuk karate tingkat tertinggi, Dan 10, kepada seorang tahanan yang tampaknya membunuh seorang pria dengan tangan kosong.

Kedua permintaan itu ditolak. Penjara menolak berkomentar.

Topik Menarik