Kompetisi Liga 1 Bakal Digelar Tanpa Pendukung Tim Tamu, PSSI: Akan Dilakukan Bertahap

Kompetisi Liga 1 Bakal Digelar Tanpa Pendukung Tim Tamu, PSSI: Akan Dilakukan Bertahap

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 12:11
share

FAJAR.CO.ID, JAKARTA Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2023/2024, surat keputusan terkait kemungkinan pertandingan dilaksanakan tanpa adanya penonton ataupun suporter dari tim tamu.

Sebelunya, berdasarkan surat keputusan Liga Indonesia Baru (LIB), suporter tim tamu tidak diperbolehkan datang ketika klub kesayangannya bermain di markas lawan.

Keputusan tersebut juga berlaku untuk seluruh kompetisi sepakbola Indonesia yang meliputi, Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

Dalam hal masa transisi sepak bola nasional, seluruh pertandingan sepak bola nasional termasuk kompetisi dan playoff, tidak dapat dapat dihadiri oleh suporter klub tamu, bunyi surat LIB yang ditandatangani oleh Direktu Utama Ferry Paulus.

Exco PSSI, Arya Sinulingga, buka suara mengenai keputusan penyelenggaraan Liga Indonesia 2023-2024 tanpa penonton tim tamu.

Menurutnya, PSSI selaku induk tertinggi sepakbola Indonesia, sebelumnya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan LIB sebelum melahirkan keputusan tersebut.

Dan melahirkan keputusan, untuk musim depan pertandingan di langsungkan tanpa suporter tim tamu guna melancarkan proses transisi sepak bola nasional.

Salah satu proses dalam transisi dan yang disepakati juga di PSSI dan juga disepakati dengan kepolisian, kata Arya Sinulingga kepada awak media pada Sabtu (3/6/2023).

Ia pun berharap langka yang diambil ini bisa berjalan dengan baik dan kompetisi nanti bisa berjalan dengan lancar.

Jadi, nanti secara bertahap ya ini memang kesepakatan yang sudah diambil dengan kepolisian juga, jelasnya.

Kami harapkan dengan langkah-langkah ini maka semua baik PSSI, baik klub, baik suporter, baik liga, baik teman-teman kepolisian, ini semua sudah dapat dengan baik, tuturnya.

Namun, ke depannya upaya untuk menghadirkan kembali suporter tim tamu ke pertandingan akan diupayakan secara perlahan-lahan dan bertahap.

Nanti ke depan secara bertahap akan mulai ada penonton yang dari tim yang datang, ungkapnya

Namun, untuk saat ini memang sudah begitu ke depannya, tutupnya. (Erfyansyah/Fajar)

Topik Menarik