Siapkan Generasi Emas, Seluruh KUA Wajib Punya Fasilitator Bimbingan Perkawinan Untuk Catin

Siapkan Generasi Emas, Seluruh KUA Wajib Punya Fasilitator Bimbingan Perkawinan Untuk Catin

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 3 Juni 2023 - 19:06
share

SLEMAN, iNewsSleman.id - Sebagai komitmen untuk mensukseskan program unggulan bimbingan perkawinan 100 persen bagi seluruh calon pengantin di DIY tahun 2023, Bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY menggelar kegiatan program mandatory bertajuk Bimbingan Teknis Fasilitator Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin angkatan ke III tahun 2023 selama 4 hari, mulai tanggal 2-5 Juni 2023 di Grand Mercure Hotel Jl. Laksda Adi Sucipto Yogyakarta,sebagai upaya percepatan pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran pada semester pertama tahun 2023.

Kakanwil Kemenag DIY Dr. Masmin Afif dalam sambutan pengarahannya berpesan agar para peserta betul-betul bisa mengamalkan ilmunya untuk melaksanakan bimbingan perkawinan bagi seluruh catin yang tersebar di 78 KUA se DIY.

Mulai hari ini seluruh KUA di DIY sudah memiliki fasilitator bimwin bahkan juga menyasar kepada pengurus BP4 dan ormas keagamaan Islam sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak melakukan bimwin bagi catin yang mendaftar di KUA, tandas Kakanwil.

Kakanwil juga mengapresiasi Bidang Urais yang terus gas pol mengejar target penyerapan 70% di bulan Juli 2023 meski harus mengorbankan hari libur.

Semoga yang dilakukan Bidang Urais menginspirasi satuan kerja lainnya untuk melakukan hal yang sama, ungkap Kakanwil.

Kabid Urais Jauhar Mustofa sebelumnya melaporkan bahwa kegiatan ini bagian dari upaya mensukseskan program bimbingan perkawinan 100% catin DIY tahun 2023.

Berdasarkan laporan dari KUA se DIY pada bulan Maret 2023 KUA telah berhasil melaksanakan bimbingan perkawinan 100% dan diharapkan prestasi ini dapat terus dipertahankan sampai akhir tahun 2023, ujarnya.

Peserta kegiatan ini menyasar KUA yang belum memiliki fasilitator bimwin, baik penghulu maupun penyuluh agama islam, juga menghadirkan pengurus BP4 dan perwakilan ormas Islam tingkat DIY sejumlah 50 orang.

Mengingat begitu pentingnya pembekalan bagi catin untuk membangun bahtera rumah tangga maka diharapkan semua materi bimbingan perkawinan wajib tersampaikan kepada para catin agar mampu mewujudkan keluarga impian dan menghasilkan generasi penerus yang berkualitas dalam rangka menyiapkan generasi emas 2045, urai Kakanwil.

Narasumber terdiri dari fasilitator bimwin tingkat nasional, Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah dan Bidang Urais Kanwil Kemenag DIY.

Topik Menarik