EXO-CBX Putuskan Kontrak & SM Entertainment Buka Suara, Berikut Krolologinya!

EXO-CBX Putuskan Kontrak & SM Entertainment Buka Suara, Berikut Krolologinya!

Seleb | BuddyKu | Jum'at, 2 Juni 2023 - 16:10
share

Sebuah kabar mengejutkan datang dari EXO-CBX yang beranggotakan Chen, Baekhyun, dan Xiumin. Kabar ini menyangkut perseteruan dengan agensi yang menaungi mereka, SM Entertainment. Sejak kabar beredar hingga hari ini, perkembangan kasusnya jadi semakin rumit.

Bagaimana kronologi lengkapnya? Simak rangkuman berikut!

Pernyataan awal EXO-CBX ajukan gugatan dan putuskan kontrak dengan SM Entertainment

EXO CBX ajukan gugatan

Hari Kamis (1/6), EXO CBX mengumumkan akan memutuskan kontrak mereka dengan SM Entertainment. Firma hukum LIN yang ditunjuk menangani kasus ini oleh pihak EXO CBX mengatakan bahwa keputusan ini terkait dengan masalah transparansi pendapatan.

Dilansir dari laman Koreaboo , melalui kuasa hukumnya, Lee Jae Hak, EXO CBX mengajukan pemutusan kontrak setelah permohonan transparansi pendapatan yang sudah dikirimkan kepada SM Entertainment sebanyak 7 kali sejak 21 Maret 2023.

Pihak firma hukum menjelaskan bahwa EXO CBX hanya meminta hak dasar mereka sebagai artis untuk mendapatkan data yang akurat dan transparan sesuai dengan kontrak eksklusif dan Undang-Undang Pengembangan Industri Seni dan Budaya Populer di Korea Selatan. Sayangnya pihak SM mempertahankan sikap tidak adil dengan menyatakan bahwa mereka tidak dapat memberikan salinan laporan tersebut.

Selain itu, sikap SM perihal kontrak jangka panjang dengan artis selama 12 hingga 13 tahun membuat mereka secara tidak langsung memaksa artis terikat kontrak sekali lagi. Tak heran jika menghasilkan kontrak jangka panjang yang berlangsung setidaknya selama 17 hingga 18 tahun atau lebih. Sangat disayangkan, SM telah berulang kali melakukan penyalahgunaan kekuasaan tersebut.

SM Entertainment menyanggah tentang transparansi pendapatan ke artisnya

Beberapa jam setelah kabar dan pernyataan tersebut, SM merilis klarifikasi terhadap tuduhan yang dilayangkan pada mereka. Mendapat kecaman dari para EXO-L, SM menyatakan dan mengatakan bahwa semua tuduhan oleh pihak EXO CBX tersebut tidaklah benar. SM mengatakan bahwa laporan keuangan tentang pendapatan bisa diakses oleh artis mereka secara transparan.

Pihak agensi juga mengatakan bahwa artis mereka tidak membahas permasalahan pendapatan saat perpanjangan kontrak yang sudah dilakukan sebelumnya.

Dilansir dari Soompi , SM Entertainmentberniat mengajukan tuntutan pada pihak ketiga, dalam hal ini adalah BPM Entertainment, yang dituduh menghasut artis mereka untuk melayangkan gugatan pada pihaknya.

Pihak BPM Entertainment angkat bicara terhadap tuduhan SM Entertainment

EXO CBX ajukan gugatan

Hari ini (2/6), MC Mong merilis pernyataan resminya melalui perwakilan hukum di mana ia membantah terlibat dalam memicu perselisihan antara SM dan ketiga anggota EXO. Meskipun dekat secara pribadi khususnya dengan Baekhyun, dirinya sama sekali tidak berusaha untuk berniat "merekrut" sebagai artis, melainkan hanya menghibur saat Baekhyun sedang bermasalah dengan agensinya.

Perwakilan hukum MC Mong juga menyampaikan agar SM tidak dengan mudah memberikan pernyataan yang kurang tepat sehingga menghasilkan kesalahpahaman. Mereka juga mengancam akan mengambil tindakan hukum terhadap penyebaran berita palsu tentang keterlibatan MC Mong di masa depan.

Pernyataan terkini dari EXO CBX

EXO CBX ajukan gugatan

Kembali dilansir dari Soompi siang ini (2/6), para artis (Baekhyun, Chen, dan Xiumin) merasa sangat tertekan setelah melihat pernyataan resmi SM yang terus membicarakan pihak ketiga. Melalui kuasa hukum, ketiganya menyatakan bahwa mereka bisabertanggung jawab atas keputusan mereka sendiri, dan mereka adalah individu dengan pemikiran dan penilaian independen.

Selanjutnya, menyanggah permasalahan pendapatan yang kurang transparan, pihak artis menyatakan bahwa laporan keuangan hanya tersedia untuk dilihat dan bukan sebagai sebuah kewajiban yang bisa diberikan secara detail kepada artis.

Setelah EXO CBX tidak mendapatkan transparansi ini sejak berulang kali meminta, mereka pun mengambil langkah terakhir, yakni mengakhiri kontrak.

***

Semoga kasus ini berakhir dengan hasil terbaik untuk berbagai pihak yang terlibat, ya. Terkait hal ini, para EXO-L juga terus memberikan dukungan bagi para idolanya untuk berjuang mendapatkan hak mereka.

Topik Menarik