Uji Coba Bayar Tol Tanpa Berhenti Ditunda, Ini Penjelasan PUPR

Uji Coba Bayar Tol Tanpa Berhenti Ditunda, Ini Penjelasan PUPR

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 2 Juni 2023 - 06:59
share

JAKARTA - Kementerian PUPR menegaskan penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) tetap sesuai rencana. Meskipun uji coba bayar tol tanpa berhenti ini sempat ditunda.

"Sejauh ini kita tetap bekerja sesuai rencana dalam koridor kerja sama bilateral Indonesia - Hungaria," ujar Juru bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja dilansir dari Antara, Jumat (2/6/2023).

Endra menambahkan, Kementerian PUPR akan mempelajari dulu penyesuaian rencana kerjanya ke depan.

Berkaitan dengan Badan Usaha Pelaksana (BUP) MLFF PT Roatex Indonesia Toll System atau Roatex Indonesia, Kementerian PUPR berharap BUP bisa kembali bekerja sesuai rencana.

"Saya sudah dapat informasi lisan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR. Kalau ada masalah internal di Roatex/RITS, kami berharap bisa segera diatasi dan kembali bisa bekerja sesuai rencana," kata Endra.

Sebelumnya, Kementerian PUPR mengungkapkan sistem transaksi non-tunai berbasis MLFF ini menjadi salah satu inovasi baru melalui sistem pembayaran nirsentuh dengan menciptakan suatu efisiensi, efektifitas, aman, dan nyaman dalam penerapan sistem pembayaran Jalan Tol di Indonesia.

Kementerian PUPR melalui BPJT terus melakukan suatu inovasi dalam peningkatan pelayanan yang maksimal bagi pengendara di Jalan Tol melalui Transformasi, Inovasi, dan Modernisasi (TIM) yang mengacu pada Teknologi Toll Road 4.0.

Dengan diberlakukannya MLFF, ruas tol akan sepenuhnya menjadi jalan bebas hambatan atau tidak ada lagi pembatas di gerbang tol.

Lalu lintas di jalan tol akan diawasi dengan dukungan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) melalui gantry. Gantry ini bekerja dengan cara mengidentifikasikan seluruh kendaraan yang lewat, kemudian akan mengirim data ke pusat.

Topik Menarik