Konsumsi 5 Bahan Rempah Ini untuk Membakar Lemak pada Perut Buncit

Konsumsi 5 Bahan Rempah Ini untuk Membakar Lemak pada Perut Buncit

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 19:19
share

Sukoharjonews.com Tak sedikit orang beranggapan bahwa membakar lemak di perut merupakan hal yang sulit. Sebab, hanya dapat dicapai dengan cara melakukan latihan kekuatan dan olahraga berat. Nyatanya, ada berbagai upaya lainnya yang bisa ditempuh untuk membantu membakar lemak, salah satunya dengan mengonsumsi bahan rempah.


Dilansir dari Eat This, Kamis (1/6/2023), sejumlah bahan rempah yang sering digunakan dalam pembuatan makanan ternyata berkhasiat dalam membakar lemak di perut. Ini bisa kamu jadikan solusi jika sedang malas berolahraga tapi tak ingin lemak semakin menumpuk. Kalau kamu sudah penasaran, berikut sejumlah bahan rempah makanan untuk membakar.

1. Lada Hitam
Bahan rempah dengan rasa panas yang khas ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Tak heran jika lada hitam sudah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati peradangan hingga masalah perut.

Menariknya, sebuah penelitian menemukan bahwa lada hitam memiliki kemampuan untuk mengganggu pembentukan sel lemak baru. Hal inilah yang mendorong terjadinya penurunan ukuran pinggang, lemak tubuh, hingga kadar kolesterol.


2. Kayu Manis
Studi yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa penambahan kayu manis dapat mengurangi penumpukan lemak di perut. Penelitian lainnya dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa penambahan satu sendok teh kayu manis pada makanan bisa menstabilkan gula darah dan mencegah lonjakan insulin.

Hal tersebut karena bahan rempah satu ini mengandung polifenol yakni antioksidan kuat yang berkhasiat dalam mengubah komposisi tubuh dan meningkatkan sensitivitas insulin.


3. Jahe
Jahe juga termasuk bahan rempah yang bisa kamu konsumsi untuk membantu membakar lemak di perut. Bahkan tak hanya untuk masalah lemak, jahe turut berkhasiat dalam menyembuhkan sakit perut hingga menenangkan pencernaan.

Kamu dapat mengonsumsi rempah ini secara langsung. Namun, jika tak terlalu kuat dengan rasanya, maka kamu bisa campurkan dengan bahan makanan lain atau dapat pula kamu campur dengan teh agar rasanya lebih nikmat.

4. Cabai
Siapa nih yang merasa kurang lengkap jika makan tanpa cabai? Sensasi pedas dari cabai memang sangat menggoda selera. Di satu sisi banyak yang mengira bahwa sensasi nagih saat makan cabai dapat memicu kenaikan berat badan. Tak banyak yang tahu bahwa cabai justru bisa meningkatkan penurunan lemak di perut.

Hal tersebut berdasarkan studi yang mengungkap bahwa cabai mengandung senyawa capsaicin yang berperan dalam pembakaran lemak. Kandungan ini juga bisa meningkatkan thermogenesis yang memiliki kemampuan dalam membakar makanan dan mengubahnya sebagai energi.


5. Kunyit
Berkat kandungan kurkumin pada kunyit membuat bahan rempah yang satu ini bermanfaat dalam membakar lemak tubuh. Hal ini didasarkan pada sebuah studi yang menunjukkan bahwa konsumsi kurkumin 2 kali sehari selamat 1 bulan dapat secara efektif meningkatkan penurunan lemak dan berat badan hingga 5 persen.(patrisia argi)


Topik Menarik