Tentara Australia Ben Roberts-Smith Kalah Sidang Atas Gugatan Kejahatan Perang di Afghanistan

Tentara Australia Ben Roberts-Smith Kalah Sidang Atas Gugatan Kejahatan Perang di Afghanistan

Nasional | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 18:30
share

Berita Baru, Sydney Pengadilan Australia memutuskan bahwa tentara Australia Ben Roberts-Smith kalah sidang atas gugatan kejahatan perang di Afghanistan, membuat ia kemungkinan akan menjadi tersangka pembunuhan warga sipil tak bersenjata di Afghanistan seperti yang dilaporkan tiga surat kabar pada tahun 2018.

Roberts-Smith adalah seorang mantan tentara dengan Resimen Layanan Udara Khusus (SASR) elit. Ia juga dianugerahi Victoria Cross karena keberaniannya.

Awalnya, ia menggugat Sydney Morning Herald, The Age dan Canberra Times untuk pencemaran nama baik setelah tiga surat kabar itu menerbitkan laporan bahwa ia telah membunuh orang Afghanistan selama beberapa penempatan ke negara tersebut.

Roberts-Smith mengklaim publikasi tiga surat kabar itu telah merusak reputasinya dan membuatnya menjadi orang yang melanggar aturan moral dan hukum keterlibatan militer dan mempermalukan negaranya dan tentara Australia.

Menanggapi keputusan tersebut, penguasa Taliban Afghanistan mengatakan pasukan asing telah melakukan kejahatan yang tak terhitung selama perang 20 tahun di negara itu.

Seorang juru bicara kelompok Bilal Karimi mengatakan insiden yang terlibat dalam kasus pengadilan adalah bagian kecil dari banyak dugaan kejahatan yang terjadi, dan mereka tidak mempercayai pengadilan global mana pun untuk menindaklanjutinya.

Dilansir dari Reuters , dalam ringkasan putusan yang dibacakan di Sydney pada hari Kamis (31/5), Hakim Anthony Besanko mengatakan bahwa pada keseimbangan probabilitas standar pembuktian untuk pengadilan perdata para responden telah menetapkan kebenaran substansial dari beberapa tuduhan.

Tuduhan itu termasuk pada tahun 2012 Roberts-Smith menendang seorang pria Afghanistan yang tidak bersenjata dan diborgol dari tebing dan kemudian memerintahkan dua tentara di unitnya untuk membunuh pria yang terluka parah itu.

Besanko menemukan para jurnalis juga menetapkan kebenaran substansial dari laporan bahwa pada tahun 2009 dia telah membunuh seorang pria Afghanistan yang cacat, dan juga memerintahkan eksekusi seorang pria yang menyembunyikan dirinya di sebuah terowongan di fasilitas yang dibom yang dikenal sebagai Whiskey 108.

Publikasi, yang memilih pembelaan kebenaran, menyambut baik keputusan hakim.

Berbicara di luar pengadilan, Nick McKenzie, salah satu jurnalis yang melaporkan kisah tersebut, mengatakan bahwa ini adalah hari keadilan bagi orang-orang pemberani SAS yang berdiri dan mengatakan kebenaran tentang siapa Ben Roberts-Smith sebenarnya: seorang penjahat perang, pengganggu dan pembohong.

Rekannya Chris Masters, yang berdiri di sampingnya, mengatakan bahwa hasilnya lega dan memuji pemilik surat kabar, Nine, karena terus menerbitkannya pada tahun 2018.

Saya pikir itu akan turun dalam sejarah bisnis berita sebagai salah satu panggilan hebat, katanya.

Publikasi memilih pembelaan kebenaran, dan sekitar 40 saksi memberikan bukti, termasuk penduduk desa Afghanistan yang muncul melalui video dari Kabul, dan sejumlah tentara dan mantan tentara, beberapa di antaranya dituduh cemburu dan berbohong oleh Roberts-Smith.

Kasus tersebut memukau Australia melalui sidang selama 110 hari yang ditunda karena pandemi COVID-19 dan diakhiri dengan argumen penutup pada Juli 2022.

Andrew Kenyon, seorang profesor di Melbourne Law School dan pakar hukum media, kebebasan berekspresi dan pencemaran nama baik, mengatakan hasil itu memberatkan veteran itu.

Topik Menarik