Tekan Jumlah Pengangguran, Disnakertrans Banten Siapkan Langkah Strategis

Tekan Jumlah Pengangguran, Disnakertrans Banten Siapkan Langkah Strategis

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 15:33
share

GenPI.co Banten - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten mencatat ada 483,35 ribu atau 7,97 persen warga setempat yang merupakan pengangguran.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Banten, Septo Kalnadi di Serang , Rabu (31/5).

Untuk menurunkan angka tersebut, pihaknya terus melakukan langkah-langkah strategis.

Sehingga dalam memenuhi kebutuhan itu kita harus mempersiapkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan zaman, kata Septo.

Langkah-langkah tersebut meliputi pengembangan UMKM/ekonomi kreatif, pelatihan berbasis masyarakat, dan peningkatan kompetensi melalui Balai Latihan Kerja (BLK).

Melalui ekonomi produktif ini minimal warga mencari penghidupan sendiri. Karena kalau mengandalkan ketenagakerjaan di zaman sekarang ini bisa ditebak banyak sekali saingannya, kata Septo.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pelatihan berbasis masyarakat yang terus digelar.

Nah kita juga ada pelatihan bagi masyarakat seperti pelatihan make up, pelatihan barista, pelatihan konten kreator dan sablon yang kini sudah diterapkan di beberapa daerah di Provinsi Banten, jelasnya.

Melalui berbagai pelatihan itu, diharapkan masyarakat mampu mengembangkan keterampilan tersebut secara mandiri.

Alhamdulillah Badan Latihan Kerja (BLK) yang ada di Serpong ini terus melakukan latihan kerja yang kita terus tekankan mereka kedepannya memiliki keterampilan dalam dunia industri seperti otomotif mesin ringan, las dan lain sebagainya, katanya.

Ke depan kita akan berikan sertifikat BLK dan BNSP sebagai bukti mereka memiliki nilai tambah sebagai bekal dasar yang dapat dikembangkan di tempat kerja, Septo menambahkan.

Pada pelatihan di BLKI Provinsi Banten kali ini, pihaknya menggandeng sejumlah industri dan perusahaan yang menggelar program magang.

Kolaborasi seperti itu sangat kita butuhkan dan dianggap mampu melengkapi langkah-langkah kita dalam menurunkan angka pengangguran ini, kata tutupnya. (Antara)

Lihat video seru ini:

Topik Menarik